Putri, Cinta Amanda (2024) ANALISIS PENERAPAN SISTEM E-PROCUREMENT DALAM PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH MELALUI METODE E-TENDERING DAN E-PURCHASING DI UNIT LAYANAN PENGADAAN BARANG/JASA KEMENTERIAN PERTANIAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
S_CINTA AMANDA PUTRI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
S_CINTA AMANDA PUTRI DAPUS.pdf - Published Version Download (220kB) |
![]() |
Text
S_CINTA AMANDA PUTRI BAB I.pdf - Published Version Download (249kB) |
![]() |
Text
S_CINTA AMANDA PUTRI Cover.pdf - Published Version Download (502kB) |
Abstract
Pelaksanaan pengadaan barang/jasa secara elektronik (E-Procurement) telah
diwajibkan untuk Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dan sudah diatur
dalam Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010. Namun pengadaan secara
elektronik kerap kali menimbulkan kendala dalam penggunaannya seperti system
error, padahal banyak sekali pengadaan barang/jasa yang sedang dijalankan di Unit
Layanan Pengadaan Barang/Jasa Kementerian Pertanian. Kendala tersebut tentunya
menghambat jalannya pengadaan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui
bagaimana pelaksanaan pengadaan barang/jasa secara elektronik dengan
E-Tendering dan E-Purchasing serta hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaan
pengadaan barang/jasa melalui E-Procurement di Kementerian Pertanian.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah
pengadaan barang/jasa secara elektronik yang dilakukan dengan cara E-Tendering
dilakukan secara bertahap dimulai dari tahap perencanaan pengadaan barang/jasa,
persiapan pengadaan, persiapan pemilihan Penyedia, pelaksanaan pemilihan
Penyedia, pelaksanaan kontrak, sampai dengan serah terima hasil pekerjaan.
Sedangkan Pengadaan barang/jasa secara elektronik yang dilakukan dengan cara
E-Purchasing dilakukan di aplikasi Katalog Elektronik dengan tahapannya dimulai
dari persiapan, pembelian di Katalog Elektronik dengan pembuatan paket di
Katalog Elektronik, melakukan negosiasi, dan serah terima barang/jasa. Dan
kendala yang sering dihadapi berkaitan dengan sistem elektronik yang digunakan
dalam pengadaan, seperti server down dan maintenance system. Output yang
diberikan yaitu berupa usulan SOP Penanganan Pengaduan. Solusi yang diusulkan
meliputi peningkatan Sumber Daya Manusia, meningkatkan sarana dan prasarana
yang memadai bagi pengadaan secara elektronik, melakukan pengawasan sistem
elektronik yang digunakan untuk pengadaan, dan pemberian insentif yang sesuai
dengan pekerjaan yang diberikan.
Kata kunci: E-procurement, E-purchasing, E-tendering, Pengadaan
Barang/Jasa Pemerintah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-procurement, E-purchasing, E-tendering, Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | School of Vocation > Diploma in Management |
Depositing User: | Oktavia Perpus Vokasi |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 07:10 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 07:10 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25349 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |