Search for collections on Undip Repository

PERTANGGUNGJAWABAN TERHADAP TINDAK PIDANA KORUPSI SECARA BERLANJUT (ANALISIS STUDI PUTUSAN NOMOR 3/PID.SUS-TPK/2018/PT.DKI)_33 PIDANA 2024

PRASANA, HAFIZ PRISNA and Rozah, Umi and Sutanti, Rahmi Dwi (2024) PERTANGGUNGJAWABAN TERHADAP TINDAK PIDANA KORUPSI SECARA BERLANJUT (ANALISIS STUDI PUTUSAN NOMOR 3/PID.SUS-TPK/2018/PT.DKI)_33 PIDANA 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tindak pidana korupsi merupakan salah satu kejahatan luar biasa (extraordinary crime) sehingga pemberantasan tindak pidana korupsi harus dilakukan dengan cara yang khusus (extraordinary measure). Dalam peraturan pemberantasan tindak pidana korupsi, subjek pidana korupsi adalah pengurus korporasi dan korporasi.
Namun, beberapa putusan pengadilan yang memutus tindak pidana korupsi sangatlah jarang ditemukan penetapan korporasi sebagai terdakwa, padahal beberapa diantara terdakwa perorangan tersebut merupakan pengurus inti dari suatu korporasi dan melakukan korupsi atas nama korporasi tersebut. Tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh korporasi seringkali mengakibatkan kerugian keuangan dan perekonomian negara yang lebih besar daripada tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh perseorangan individu, misalnya pada tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh PT Duta Graha Indah pada proyek pembangunan rumah sakit pendidikan khusus penyakit infeksi dan pariwisata Universitas Udayana dan proyek pembangunan wisma atlet dan gedung serba guna provinsi Sumatera Selatan. Terdapat 3 kemungkinan dalam hal pelimpahan pertanggungjawaban tindak pidana korupsi yaitu korporasi, pengurus korporasi, atau korporasi dan pengurus korporasi secara bersamaan.
Kata Kunci: Tindak Pidana Korupsi, Subjek Tindak Pidana Korupsi,
Pertanggungjawaban Tindak Pidana Korupsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tindak Pidana Korupsi, Subjek Tindak Pidana Korupsi, Pertanggungjawaban Tindak Pidana Korupsi
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Users 201 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:57
Last Modified: 26 Aug 2024 03:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25341

Actions (login required)

View Item View Item