Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU, KEPRIBADIAN HARDINESS, DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP STRES KERJA PADA PENGENDARA OJEK ONLINE DI KAWASAN CIBUBUR

ADALIA, REGITA BUNGAH (2024) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU, KEPRIBADIAN HARDINESS, DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP STRES KERJA PADA PENGENDARA OJEK ONLINE DI KAWASAN CIBUBUR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, budaya, dan teknologi bersamaan dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat, maka terjadi perubahan pada aktivitas sehari-hari dan pekerjaan di masyarakat yang menciptakan pekerjaan baru, salah satunya adalah ojek online yang merupakan perkembangan transportasi berbasis aplikasi. Maraknya penggunaan transportasi online berpotensi menimbulkan permasalahan keselamatan dan kesehatan kerja bagi pengemudi ojek online yakni stres kerja. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara karakteristik individu yang terdiri atas usia, tingkat pendidikan, masa kerja, dan status pernikahan, kepribadian hardiness, dan dukungan sosial terhadap stres kerja pada pengendara ojek online di Kawasan Cibubur. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling yang jumlahnya ditentukan berdasarkan method linear time function dan diperoleh hasil sebanyak 72 responden. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain lembar identitas responden untuk karakteristik individu, angket Skala Occupational Hardiness untuk kepribadian hardiness, dan Multidimensional Scale of Perceived Social Support untuk dukungan sosial. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS dengan uji statistik Rank Spearman dan Pearson Product Moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan antara kepribadian hardiness (p=0,002) dengan stres kerja, serta tidak ada hubungan antara usia (p=0,906), tingkat pendidikan (p=0,985), masa kerja (p=0,515), status pernikahan (p=0,995), dan dukungan sosial (p=0,713) terhadap stres kerja.

Kata kunci : Ojek Online, Stres Kerja, Karakteristik Individu, Dukungan Sosial, Kepribadian Hardiness

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: Users 170 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2024 01:53
Last Modified: 29 Jul 2024 01:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25270

Actions (login required)

View Item View Item