Search for collections on Undip Repository

Parameter Antropometri dan Hipertensi pada Usia Dewasa

Isnaen Khikmaturrohman, Isnaen Khikmaturrohman and Pramono, Adriyan and Ardiaria, Martha Parameter Antropometri dan Hipertensi pada Usia Dewasa. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Sya'bani Isnaen Khikmaturrohman.pdf

Download (167kB)

Abstract

Latar Belakang: Obesitas merupakan faktor utama hipertensi. paramater antropometri obesitas dan obesitas sentral penting sebagiai deteksi dini hipertensi. Terdapat banyak perbedaan mengenai pengukuran dan cut-off antropometri mana yang paling baik dalam memprediksi hipertensi.
Tujuan: Mengidentifikasi parameter antropometri yang paling baik dalam memprediksi hipertensi dan menetapkan cut-off parameter antropometri tersebut
Metode: Penelitian ini menggunakan India Demographic and Health Surveys (DHS) 2019-21 dengan desain cross sectional. Sampel adalah orang dewasa India usia 20-49 tahun sebanyak 310,413. Variabel terikat penelitian adalah kejadian hipertensi dan variabel bebas adalah parameter antropometri indeks massa tubuh (IMT), lingkar pinggang (LP), rasio lingkar pinggang panggul (RLPP), dan rasio lingkar pinggang tinggi badan (RLPTb). Analisi data menggunakan uji diagnostik meliputi analisis Receiver Operating Characteristics (ROC) dan persamaan youden index.
Hasil: Prevalensi hipertensi pria India sebesar 11,90%. Parameter antropometri terbaik untuk memprediksi kejadian hipertesi pada pria adalah lingkar pinggang (LP), sedangkan pada wanita adalah indeks massa tubuh (IMT).
Simpulan: Parameter antropometri dapat memprediksi hipertensi di India.
Kata kunci: Hipertensi, IMT, lingkar pinggang, rasio lingkar pinggang panggul, dan rasio lingkar pinggang tinggi badan.

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:09
Last Modified: 23 Jul 2024 02:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25188

Actions (login required)

View Item View Item