Search for collections on Undip Repository

Hubungan Antara Perceived Work Load Dengan Psychological Well-Being Pada Dosen Universitas X Semarang

Nanjaya, Dwito Arif and Ediati, Annastasia (2024) Hubungan Antara Perceived Work Load Dengan Psychological Well-Being Pada Dosen Universitas X Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[thumbnail of [Abstrak] Dwito Arif Nanjaya_15000119130098.pdf] Text
[Abstrak] Dwito Arif Nanjaya_15000119130098.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of [BAB I] Dwito Arif Nanjaya_15000119130098.pdf] Text
[BAB I] Dwito Arif Nanjaya_15000119130098.pdf

Download (105kB)

Abstract

Profesi dosen memiliki tanggung jawab yang cukup krusial dalam dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. Tugas dosen secara umum meliputi tugas pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Beban tugas dosen sudah diatur dalam peraturan undang-undang nomor 14 tahun 2005. Tetapi, pada pelaksanaannya banyak dosen yang memiliki beban tugas yang melampaui batasan maksimal yang telah diatur dalam undang-undang. Kejadian ini dapat diartikan sebagai work overload pada profesi dosen. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara work overload dan psychological well-being pada profesi dosen. Penelitian ini mendapatkan 74 subjek yang merupakan dosen Universitas X yang sedang aktif bertugas yang ditentukan dengan cluster sampling. Skala psychological well-being (44 aitem, α=0,955) dan skala work overload (7 aitem, α=0,829) digunakan dalam penelitian ini. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan antara psychological well-being dan work overload pada dosen Universitas X (r=-0,405; p<0,001).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 01 Aug 2024 11:07
Last Modified: 01 Aug 2024 11:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25184

Actions (login required)

View Item View Item