Search for collections on Undip Repository

Hubungan Antara Peer Attachment dengan Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karir pada Peserta Didik MA Negeri 2 Kota Bogor

Norman, Fiorenza Julian and Fatmasari, Agustin Erna (2024) Hubungan Antara Peer Attachment dengan Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karir pada Peserta Didik MA Negeri 2 Kota Bogor. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Abstrak-BAB I.pdf

Download (233kB)

Abstract

Efikasi diri pengambilan keputusan karir adalah keyakinan seorang siswa terhadap kemampuannya untuk dapat berhasil menuntaskan rangkaian tugas yang berkaitan dengan mengambil keputusan dalam karir meliputi menyusun perencanaan karir, memilih kelas peminatan ketika berpindah dari Fase E ke Fase F, hingga mempersiapkan diri guna mengimplementasikan pilihan karir. Kurikulum Merdeka membuat sistem baru guna mendukung adanya pengambilan keputusan karir sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara peer attachment dengan efikasi diri pengambilan keputusan karir pada peserta didik MA Negeri 2 Kota Bogor. Metode kuantitatif korelasional digunakan pada penelitian ini dengan sampel berjumlah 214 peserta didik. Pengambilan datanya menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam pengambilan data adalah Skala Peer Attachment (25 aitem, α = 0.911) dan Skala Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karir (28 aitem, α = 0.877). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik korelasi non parametrik Spearman’s Rho yang menghasilkan nilai koefisien korelasi rs = 0.189 (p = 0.005 (<0,05)). Hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara peer attachment dengan efikasi diri pengambilan keputusan karir pada peserta didik MA Negeri 2 Kota Bogor. Artinya semakin tinggi peer attachment pada subjek, maka semakin tinggi juga tingkat efikasi diri pengambilan keputusan karirnya, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 01 Aug 2024 10:39
Last Modified: 01 Aug 2024 10:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25182

Actions (login required)

View Item View Item