Search for collections on Undip Repository

Hubungan Tingkat Pengetahuan Dokter Gigi Muda Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Terhadap Tingkat Kesadaran Mengenai Halitosis

Zainal, Hatta Rizky and Prabowo, Yoghi Bagus and Rahayuningtyas, Etis Duhita (2024) Hubungan Tingkat Pengetahuan Dokter Gigi Muda Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Terhadap Tingkat Kesadaran Mengenai Halitosis. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (HATTA RIZKY ZAINAL-22010220140015-KTI-ABSTRAK)
HATTA RIZKY ZAINAL-22010220140015-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (72kB)

Abstract

Tujuan: Mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dokter gigi muda Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro terhadap tingkat kesadaran mengenai halitosis. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah dokter gigi muda Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro dengan cara samping consecutive random sampling sebanyak 73 sampel. Data didapatkan melalui responden menggunakan instrumen penelitian kuesioner yang terdiri dari bagian pengetahuan dan kesadaran mengenai halitosis. Analisis statistik yang digunakan untuk uji normalitas adalah Kolmogorov Smirnov dengan signifikansi > 0,05 serta analisis bivariat menggunakan Pearson Correlation apabila data berdistribusi normal dan Rho Spearman apabila data tidak berdistribusi normal dengan nilai signifikansi p < 0,05. Hasil: Hasil uji normalitas data pada tingkat pengetahuan sebesar 0,027 dan tingkat kesadaran sebesar 0,000, dimana nilai signifikansi < 0,05 sehingga distribusi data tidak normal. Hasil uji bivariat korelasi Rho Spearman yaitu p-value = 0,127 dan koefisien korelasi 0,180. Kesimpulan: Terdapat hubungan positif namun tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dokter gigi muda Fakuktas Kedokteran Universitas Diponegoro terhadap tingkat kesadaran mengenai halitosis.

Kata Kunci: Dokter Gigi Muda, Halitosis, Kesadaran, Pengetahuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Dokter Gigi Muda, Halitosis, Kesadaran, Pengetahuan
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:40
Last Modified: 22 Jul 2024 03:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25145

Actions (login required)

View Item View Item