PUTRA, DAFFA ARYA and Njatrijani, Rinitami and Turisno, Bambang Eko (2024) IMPLEMENTASI HAK KONSUMEN INDIHOME ATAS GANGGUAN JARINGAN INTERNET DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO.8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. _188 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Daffa Arya Putra_cover.pdf Download (882kB) |
![]() |
Text
Daffa Arya Putra_abstrak.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
Daffa Arya Putra_bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
![]() |
Text
Daffa Arya Putra_bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
![]() |
Text
Daffa Arya Putra_bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
![]() |
Text
Daffa Arya Putra_bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
![]() |
Text
Daffa Arya Putra_dapus.pdf Download (27kB) |
Abstract
Pemakaian jasa telekomunikasi baik dalam aktivitas berbisnis serta aktivitas keseharian saat ini menjadi kebutuhan primer untuk sebagian besar masyarakat Indonesia. Jasa telekomunikasi serta layanan jaringan menjadi lebih banyak jenisnya serta menjadi lebih rumit sekaligus melibatkan berbagai pihak yang bertugas untuk menjadi provider atau penyedia jaringan telekomunikasi.
Namun gangguan internet yang terjadi bisa memicu kerugian pihak pelanggan, tetapi sangat jarang ditemukan pelanggan yang paham dan tahu mengenai perlindungan hukum yang mereka punya. Perlindungan hukum yang dimaksud adalah Hukum Perlindungan Konsumen. Ketika melaksanakan perjanjian untuk menjadi pelanggan IndiHome, banyak pelanggan yang buru-buru membubuhi kontrak dengan tanda tangan tanpa mengecek keseluruhan isi kontraknya. Hal inilah yang kemudian membuat pelanggan memiliki pengetahuan yang minim mengenai hak mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk Pertama mengetahui bagaimana implementasi pemenuhan hak konsumen apabila konsumen Indihome mengalami gangguan internet. Kedua mengetahui bagaimana bentuk tanggung jawab Indihome pada konsumen yang mengalami gangguan internet.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan yuridis empiris. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Metode pengumpulan data primer dan sekunder yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian, Implementasi pemenuhan hak konsumen apabila konsumen indihome mengalami gangguan internet, untuk hak konsumen Indihome, konsumen mendapatkan pelayanan yang baik, merespon dengan baik dan cepat menangani keluhan yang dialami oleh konsumen serta siap siaga apabila Indihome mengalami gangguan pada internet maupun gangguan lainnya.
Adapun Pertanggungjawaban indihome terhadap konsumen yang mengalami gangguan internet bahwa Telkom akan memerikan kompensasi bagi pelanggan yang berdampak dengan membuka all-chanel di Indohome TV. Memberikan ganti rugi dapat berupa pengembalian uang atau penggantian barang dan/atau jasa yang
sejenis atau setara nilainya, atau perawatan kesehatan dan/atau pemberian santunan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Kata kunci : Implementasi, Hak Konsumen, Perlindungan Konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Hak Konsumen, Perlindungan Konsumen |
Subjects: | Law |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law |
Depositing User: | Mr Perpus FH1 |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 11:24 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 11:24 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25135 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |