Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM PENGGUNA PENAWARAN EFEK MELALUI LAYANAN URUN DANA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. _151 Dagang 2024

IRDIANSYAH, MUHAMMAD VIKRI and Saptono, Hendro and Rahmanda, Bagus (2024) PERLINDUNGAN HUKUM PENGGUNA PENAWARAN EFEK MELALUI LAYANAN URUN DANA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. _151 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penawaran efek melalui layanan urun dana berbasis teknologi informasi adalah salah satu jawaban atas permasalahan permodalan yang seringkali dihadapi oleh pelaku usaha UMKM dan perusahaan rintisan. Proses yang sederhana tidak membutuhkan biaya yang besar dan mudah untuk diakses menjadi daya tarik bagi
para pelaku usaha dan juga pemodal untuk memanfaatkan layanan ini. Perlindungan hukum terhadap pengguna dan pengawasan terhadap penyelenggara layanan tentunya menjadi sebuah kebutuhan agar terciptanya rasa aman bagi setiap pihak yang memanfaatkan layanan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk perlindungan hukum yang diberikan bagi para pengguna layanan dan pengawasan yang dilakukan oleh Otortias Jasa Keuangan selaku lembaga pengatur dan pengawas pada sektor jasa keuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa perlindungan hukum terhadap pengguna layanan penawaran efek melalui layanan urun dana berbasis teknologi informasi diberikan dalam bentuk perlindungan hukum preventif dan perlindungan hukum represif sesuai dengan ketentuan dalam POJK No. 57/POJK.04/2020 beserta
sejumlah peraturan perundangan. Selain itu bentuk pengawasan oleh Otoritas Jasa Keuangan dilakukan pada tahap pra-operasional dan tahap operasional.
Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Layanan Urun Dana, Otoritas Jasa Keuangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Layanan Urun Dana, Otoritas Jasa Keuangan
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Users 201 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 11:36
Last Modified: 01 Aug 2024 11:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25123

Actions (login required)

View Item View Item