Search for collections on Undip Repository

Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Tingkat Kecemasan Tentang Prosedur Pencabutan Gigi Bungsu Impaksi Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Albari, Muhamad Azriel Daffa and Setyawan, Aris and Skripsa, Tira Hamdillah (2024) Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Tingkat Kecemasan Tentang Prosedur Pencabutan Gigi Bungsu Impaksi Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (249kB)

Abstract

Latar Belakang: Pengetahuan seseorang terhadap suatu hal akan mempengaruhi sikap dan perilaku dalam merespon suatu situasi. Kecemasan merupakan kondisi psikologis yang ditandai oleh perasaan ketidakpastian, kegelisahan, dan ketakutan yang timbul sebagai respons terhadap situasi yang tidak diketahui. Tujuan: Mengetahui mengenai hubungan tingkat pengetahuan terhadap tingkat kecemasan tentang prosedur pencabutan gigi bungsu impaksi pada mahasiswa strata-1 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa strata-1 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro dengan cara purposive sampling. Data didapatkan melalui responden menggunakan instrumen penelitian tingkat pengetahuan berdasarkan Bloom Taxonomy (know, comprehention, application) dan tingkat kecemasan menggunakan Modified Dental Anxiety Scale (MDAS). Hasil: Uji korelasi Spearman menunjukkan hubungan signifikan dengan tingkat signifikansi 0,002 (p<0,05). Arah hubungan negatif dengan kekuatan hubungan sangat lemah (-0,158). Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan terhadap tingkat kecemasan tentang prosedur pencabutan gigi bungsu impaksi pada mahasiswa strata-1 Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Kata Kunci : Tingkat pengetahuan, tingkat kecemasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tingkat pengetahuan, tingkat kecemasan
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:07
Last Modified: 24 Jul 2024 02:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25117

Actions (login required)

View Item View Item