Search for collections on Undip Repository

PEMBUATAN VIDEO CAMPAIGN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS CANDI GEDONG SONGO MELALUI PLATFORM YOUTUBE DAN TIKTOK DINAS PARIWISATA KABUPATEN SEMARANG

Putra, Jeva Shifananda Virapaksi (2024) PEMBUATAN VIDEO CAMPAIGN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS CANDI GEDONG SONGO MELALUI PLATFORM YOUTUBE DAN TIKTOK DINAS PARIWISATA KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_Jeva Shifananda Virapaksi Putra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
S_Jeva Shifananda Virapaksi Putra Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Candi Gedong Songo merupakan salah satu potensi wisata daerah yang
populer di Kabupaten Semarang. Sebuah komplek candi yang berada di kaki
Gunung Ungaran tepatnya di Desa Candi, Kecamatan Bandungan yang berjarak 9
Km dari Kota Ambarawa dan 12 Km dari Kota Ungaran. Meskipun begitu, di tahun
2023 Candi Gedong Songo mengalami penurunan minat wisatawan, khususnya
wisatawan lokal. Bahkan berdasarkan data terbaru Dinas Pariwisata Kabupaten
Semarang, jumlah wisatawan lokal di Candi Gedong Songo mengalami naik turun
sepanjang tahun 2023. Melihat realitas penurunan kunjungan wisatawan di Candi
Gedong Songo, maka penyebaran informasi pariwisata perlu ditingkatkan untuk
menjangkau wisatawan lebih luas. Oleh karena itu, pembuatan karya bidang berupa
video campaign bertujuan untuk meningkatkan awareness calon wisatawan pada
objek wisata Candi Gedong Songo. Metode yang digunakan dalam penciptaan
karya ini berdasarkan data dari studi pustaka, hasil wawancara dengan informan
terkait dan data observasi untuk memperoleh sebuah data dalam sebuah penelitian
yang menghasilkan analisis situasi. Proses pembuatan karya bidang melalui
beberapa tahap, yakni pra produksi, produksi, dan pasca produksi yang kemudian
menghasilkan 5 video campaign. Hasil pembuatan karya bidang menunjukkan
bahwa minat wisatawan pada suatu objek wisata juga dipengaruhi dari kampanye
digital berupa video yang di publikasikan melalui media sosial dan berdasarkan
fenomena yang terjadi di kalangan masyarakat.
Kata Kunci: Video Campaign, Candi Gedong Songo, Brand Awareness, Media
Sosial, Fenomena

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Campaign, Candi Gedong Songo, Brand Awareness, Media Sosial, Fenomena
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 17 Jul 2024 08:51
Last Modified: 17 Jul 2024 08:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25092

Actions (login required)

View Item View Item