Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PROMOSI HARGA DAN SOCIAL MEDIA RECOMMENDATION KEPADA KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK DENGAN E-WOM NEGATIF: PERAN TIME PRESSURE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Pelanggan E-Commerce di Wilayah Jawa Tengah)

ARRASYID, Pramudya Salando Gusti (2024) PENGARUH PROMOSI HARGA DAN SOCIAL MEDIA RECOMMENDATION KEPADA KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK DENGAN E-WOM NEGATIF: PERAN TIME PRESSURE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Pelanggan E-Commerce di Wilayah Jawa Tengah). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010119130285.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010119130285.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010119130285.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010119130285.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010119130285.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119130285.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di era modern ini atau yang biasa disebut sebagai era digital, adalah era dimana
informasi mudah dan cepat untuk disebarkan menggunakan teknologi berupa
internet. Berkembangnya internet membuat semua semakin mudah seperti
berbelanja, di era ini hanya dengan gawai dan internet kita bisa berbelanja
dimanapun dan kapanpun yang kita mau, peristiwa ini bisa terjadi dengan
munculnya sebuah platform jual beli secara daring atau biasa kita sebut ECommerce. Namun dengan kemudahan yang kita dapat pasti ada efek negatif,
seperti konsumen lebih mudah untuk menilai baik atau buruk suatu produk atau
layanan melalui halaman ulasan balik yang tersedia di aplikasi E-Commerc dan itu
semua bisa dilihat oleh calon-calon konsumen, dengan ini penjual yang
mendapatkan ulasan buruk akan terdampak dengan produk-produk yang susah
dijual. Penjual harus melakukan strategi-strategi pemasaran untuk mengurangi efek
dari ulasan buruk yang mereka dapat supaya calon-calon pembeli dapat
mempercayai mereka maupun produk yang mereka jual.
Penelitian ini bertujuan untuk membantu para penjual untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh dari strategi-strategi pemasaran berupa promosi harga, time
pressure, dan social media recommendation. Dengan ketiga variabel tersebut
penenliti mencari tahu apakah ketiga variabel tersebut dapat membantu
mempengaruhi keputusan pembelian pada produk dengan E-WOM negatif. Teknik
penentuan sampel yang digunakan adalah nonprobability samping dengan
purposive sample sebagai metode pengambilan sampel. Jumlah sampel yang
digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang memiliki kriteria
berdomisili di Jawa Tengah serta menjadi pelanggan di salah satu E-Commerce
yang ada di Indonesia. Data diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner
secara daring dalam bentuk Google Form. Terdapat 3 hipotesis dalam penelitian ini
yang dianalisis dan diuji dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation
Model (SEM) Partial Least Square (PLS) versi 3.
Hasil dari pengujian terhadap 3 hipotesis yang diajukan menunjukan bahwa ke3
hipotesis tersebut berhasil diterima, yaitu promosi harga berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian, time pressure berpengaruh positif dan
signifikan memoderasi pengaruh promosi harga terhadap keputusan pembelian, dan
social media recommendation berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Promosi Harga, Time Pressure, Social Media Recommendation, keputusan Pembelian, E-WOM Negatif
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:31
Last Modified: 17 Jul 2024 04:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25062

Actions (login required)

View Item View Item