Search for collections on Undip Repository

ANALISA PERFORMA MANEUVERING KAPAL PLATFORM SUPPLY VESSEL (PSV) MENGGUNAKAN JENIS PENGGERAK AZIMUTH THRUSTER

Jinan, M. Fashihal (2024) ANALISA PERFORMA MANEUVERING KAPAL PLATFORM SUPPLY VESSEL (PSV) MENGGUNAKAN JENIS PENGGERAK AZIMUTH THRUSTER. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_M. Fashihal Jinan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
S_M. Fashihal Jinan Cover.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text
S_M. Fashihal Jinan Abstrak.pdf - Published Version

Download (204kB)

Abstract

Perkembangan industri minyak dan gas baru-baru ini telah mendorong eksplorasi ke wilayah tengah
lautan. Di era yang ditandai dengan kemajuan teknologi yang pesat di berbagai sektor, termasuk dunia maritim,
peran kapal tidak hanya terbatas sebagai alat transportasi orang dan barang. Kapal juga telah menjadi bagian yang
tidak terpisahkan dari kegiatan pengeboran dan penyimpanan minyak lepas pantai, yang berfungsi sebagai alat
untuk mengeksplorasi sumber-sumber minyak baru. Dengan kemajuan teknologi dalam konstruksi anjungan lepas
pantai, kapal dapat membawa dan mendistribusikan peralatan anjungan dengan efisiensi yang lebih tinggi.
Platform Supply Vessels (PSV) telah memainkan peran penting dalam menyediakan makanan, air, bahan bakar,
peralatan, dan material yang dibutuhkan oleh rig, anjungan, atau kapal siaga di lepas pantai.
Kebutuhan akan penggunaan kapal di daerah pelayaran yang memiliki wilayah perairan sempit telah
meningkat seperti selat, kanal dll. Dengan kebutuhan tersebut maka, peningkatan kemampuan manuver kapal
harus ditingkatkan semaksimal mungkin untuk menghindari kecelakaan kapal yang tidak diinginkan. Penelitian
telah dilakukan menggunakan metode simulasi manuver kapal yang dikerjakan menggunakan metode perhitungan
Software Matlab dan metode simulasi manuver menggunakan Shipmo3D. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui
jenis penggerak mana yang lebih baik digunakan di kapal PSV demi keselamatan kapal saat berlayar.
Fokus penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui jenis penggerak mana yang lebih baik untuk digunakan
pada kapal Platform Supply Vessel ini. Pada penelitian ini kapal digerakkan dengan kecepatan penuh yaitu 14,5
Knot dengan sudut kemudi berbelok sebesar 200
. Hasil menunjukan bahwa kapal Platform Suply Vessel yang
menggunakan jenis penggerak Azimuth Thruster dapat bermanuver lebih baik dibandingkan dengan kapal yang
bermanuver dengan menggunakan jenis penggerak Rudder konvensional. Hal ini dibuktikan dengan data yang ada
yaitu kapal yang bergerak dengan Azimuth Thruster memiliki jarak Advanced sebesar 338m dan Tactical Diameter
sebesar 295 meter sesuai dengan yang telah di syaratkan oleh International Maritime Organization dengan aturan
jarak Advanced adalah <4,5 LBP kapal dan Tactical Diameter adalah <5LBP kapal. Sedangkan pada kapal yang
menggunakan jenis penggerak konvensional jarak Advanced adalah 351 meter dan jarak Tactical Diameter adalah
318m. Ini membuktikan bahwa kapal dengan jenis penggerak Azimuth saat bergerak Advanced lebih baik 3,70%
dan Turning Circle sebesar 7,23%.
Kata kunci: Manuver, Matlab, Shipmo3D, Azimuth Thruster, Rudder konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manuver, Matlab, Shipmo3D, Azimuth Thruster, Rudder konvensional.
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Ship Building
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:49
Last Modified: 16 Jul 2024 07:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25034

Actions (login required)

View Item View Item