Search for collections on Undip Repository

ANALISIS YURIDIS PENGATURAN PENGGUNAAN POLIKARBONAT PADA KEMASAN AIR MINUM GALON. 191 Dagang 2024

AUDRYSA, JESSICA and Prananingtyas, Paramita and Njatrijani, Rinitami (2024) ANALISIS YURIDIS PENGATURAN PENGGUNAAN POLIKARBONAT PADA KEMASAN AIR MINUM GALON. 191 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Air minum dalam kemasan galon adalah salah satu bentuk penyediaan air minum yang menggunakan polikarbonat sebagai bahan kemasan galon. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaturan penggunaan polikarbonat dan perlindungan hukum bagi konsumen atas penggunaan polikarbonat pada kemasan
air minum galon.
Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan
spesifikasi penelitian diskriptif analitis, menggunakan data sekunder, dan metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan regulasi penggunaan polikarbonat pada kemasan air minum galon terdapat dalam Peraturan BPOM No. 20 Tahun 2019 Tentang Kemasan Pangan yang mengatur batas maksimal migrasi Bishpenol-A sebesar 0,6 bagian per juta (bpj). Selain itu terdapat pula persyaratan izin edar dan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang harus dipenuhi oleh air minum dalam kemasan galon. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan polikarbonat pada kemasan air minum tidak dilarang di Indonesia namun regulasi yang telah ada perlu diperbaharui agar memberikan perlindungan hukum yang optimal bagi konsumen. Sebagai rekomendasi, diperlukan pembaruan regulasi untuk menetapkan batas migrasi Bisphenol-A dengan standar internasional, penguatan
perlindungan hukum melalui peraturan label peringatan pada kemasan air minum galon yang jelas tentang bahaya Bisphenol-A, dan penegakan sanksi yang tegas bagi pelanggar.
Kata Kunci: Galon Polikarbonat, Bishpenol-A

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Galon Polikarbonat, Bishpenol-A
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Users 201 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 11:50
Last Modified: 01 Aug 2024 11:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25002

Actions (login required)

View Item View Item