Search for collections on Undip Repository

Perlindungan Hukum Terhadap Lessor Atas Depresiasi Pada Objek Leasing Sebagai Akibat Dari Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang. _153 Dagang 2024

VALERIAN, FAIQ RIZKIA and Saptono, Hendro and Sarono, Agus (2024) Perlindungan Hukum Terhadap Lessor Atas Depresiasi Pada Objek Leasing Sebagai Akibat Dari Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang. _153 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) merupakan alternatif penyelesaian utang melalui rencana perdamaian yang dijadikan acuan pelaksanaan penyelesaian utang oleh debitur. Meski demikian, PKPU juga berpotensi merugikan lessor dalam perjanjian leasing. Bahwa pada masa PKPU, lessor tidak dapat melakukan eksekusi terhadap objek leasing hingga masa PKPU berakhir. Potensi kerugian ada pada depresiasi pada objek leasing setelah perjanjian leasing berakhir pada masa PKPU. Dengan demikian diperlukan tinjauan yuridis mengenai perlindungan hukum terhadap lessor atas depresiasi pada objek leasing sebagai akibat dari penundaan kewajiban pembayaran utang. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan observasi lapangan serta penelusuran kepustakaan. Data pada penelitian ini berjenis kualitatif yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif yang menghasilkan gambaran penyelesaian masalah pada penelitian melalui pendekatan perundang-undangan. Pada penelitian ini, ditemukan bahwa lessor berkedudukan sebagai kreditur separatis dan objek leasing sebagai aset kekayaan debitur adalah milik lessor hingga masa perjanjian berakhir sepanjang hak opsi tidak digunakan. Perlindungan hukum terhadap lessor telah diberikan dalam Undang-Undang Kepailitan dan PKPU sebagaimana dalam Pasal 255 Ayat 1 huruf b dan Pasal 281 Ayat 2.
Kata Kunci: Utang Piutang, Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang, Leasing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Utang Piutang, Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang, Leasing
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Users 201 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:51
Last Modified: 26 Aug 2024 07:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24973

Actions (login required)

View Item View Item