Search for collections on Undip Repository

PENDAFTARAN TANAH PERTAMA KALI YANG SUDAH MEMENUHI SYARAT FISIK DAN YURIDIS MELALUI PTSL NAMUN TIDAK DAPAT DIBUKUKAN (Studi di Kelurahan Kemijen, Semarang Timur, Kota Semarang). _90 PDT 2024

RAHMAWATI, NATASYA PUTRI and Adhim, Nur and Sukirno, Sukirno (2024) PENDAFTARAN TANAH PERTAMA KALI YANG SUDAH MEMENUHI SYARAT FISIK DAN YURIDIS MELALUI PTSL NAMUN TIDAK DAPAT DIBUKUKAN (Studi di Kelurahan Kemijen, Semarang Timur, Kota Semarang). _90 PDT 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendaftaran tanah adalah prosedur yang dilakukan untuk memperoleh sertipikat sebagai alat bukti kepemilikan yang sah atas bidang tanah. Pendaftaran tanah ini dapat didaftarkan secara sporadik dan sistematis. Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL merupakan pendaftaran tanah yang dilakukan secara sistematis. Prakteknya di masyarakat program pemerintah ini belum berjalan dengan lancar dan semestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pendaftaran tanah melalui Program PTSL yang dianggap telah memenuhi data fisik dan data yuridis namun tidak dapat dibukukan di Kelurahan Kemijen, Semarang Timur, Kota Semarang. Metode pendekatan dalam penelitian ini yaitu yuridis empiris. Spesifikasi penelitian dilakukan secara deskriptis analitis. Pengumpulan data primer dan data sekunder yang kemudian diolah dan dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif . Berdasarkan hasil penelitian, masyarakat Kelurahan Kemijen melakukan audiensi kepada Kantor Pertanahan Kota Semarang hingga tingkat nasional sebagai upaya hukum secara non-litigasi untuk mendapatkan perlindungan hukum dan memperoleh atas haknya. Upaya yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kota Semarang yaitu memberikan status K3.3 tas hasil akhir dari Program PTSL dan dilakukan pemblokiran (status quo) sehingga tidak dapatnya segala perbuatan hukum, baik dari sisi masyarakat Kelurahan Kemijen maupun PT. Kereta Api Indonesia dan Kantor Pertanahan Kota Semarang hingga saat ini belum dapat melayani kedua belah pihak.
Kata Kunci : Pendaftaran Tanah, PTSL, dan Perlindungan Hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendaftaran Tanah, PTSL, dan Perlindungan Hukum
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Users 201 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:39
Last Modified: 26 Aug 2024 03:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24968

Actions (login required)

View Item View Item