Search for collections on Undip Repository

ANALISA YURIDIS UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2023 TENTANG PENETAPAN PERATURAN PEMERINTAH PENGGANTI UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2022 TENTANG CIPTA KERJA MENJADI UNDANG-UNDANG BAGI PENANAM MODAL ASING DALAM MENJALANKAN BISNIS PERTAMBANGAN DI INDONESIA. _152 Dagang 2024

Umam, Alvin Nasihul and Prananingtyas, Paramita and Saptono, Hendro (2024) ANALISA YURIDIS UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2023 TENTANG PENETAPAN PERATURAN PEMERINTAH PENGGANTI UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2022 TENTANG CIPTA KERJA MENJADI UNDANG-UNDANG BAGI PENANAM MODAL ASING DALAM MENJALANKAN BISNIS PERTAMBANGAN DI INDONESIA. _152 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara menganut konsep negara kesejahteraan. Upaya untuk mewujudkan cita-cita tersebut maka diperlukan adanya pembangunan nasional beserta sumber dana yang memadai untuk dapat mewujudkan pembangunan nasional secara maksimal. Salah satu sumber dana tersebut dapat berasal dari dana luar negeri khususnya melalui Penanaman Modal Asing (PMA). Namun, saat ini Indonesia masih harus bersaing untuk dengan negara-negara tetangga untuk dapat menarik penanam modal asing di Indonesia. Padahal, Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah terkhususnya pada bahan tambang batubara. Salah satu kendala yang dihadapi dalam menarik PMA untuk dapat berinvestasi pada usaha batu bara di Indonesia adalah karena regulasi birokrasi di Indonesia yang belum efisien. Sehingga, untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah membentuk UU Nomor 6 tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 tahun 2022 tentang Cipta Kerja menjadi Undang-Undang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan data sekunder yang diperoleh dari berbagai peraturan, jurnal, literatur. Berdasarkan hasil pembahasan dalam penelitian ini ditemukan bahwa setelah diundangkannya UU Nomor 6 Tahun 2023 terdapat perubahan terhadap pola investasi asing pada usaha pertambangan batubara. Perubahan tersebut khususnya pada bidang usaha penanaman modal dan perizinan.
Kata Kunci: Penanaman Modal Asing (PMA), Batubara, Investasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Modal Asing (PMA), Batubara, Investasi
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Users 201 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:36
Last Modified: 26 Aug 2024 03:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24965

Actions (login required)

View Item View Item