Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HAK CIPTA MELALUI PERJANJIAN LISENSI CREATIVE COMMONS ATAS HAK SIAR. _157 Dagang 2024

PUTRI, MEIDINA RIANI and Santoso, Budi and Rahmanda, Bagus (2024) PERLINDUNGAN HAK CIPTA MELALUI PERJANJIAN LISENSI CREATIVE COMMONS ATAS HAK SIAR. _157 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hak cipta merupakan hak ekskusif bagi pencipta atau pemegang hak untuk memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi batasan menurut peraturan yang berlaku. Penulis menjelaskan mengenai Perlindungan Hak Cipta dalam perjanjian Lisensi Creative Commons terhadap hak siar.
Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif. Peneliti meneliti melalui sudut pandang ilmu hukum serta peraturan perundang-undangan, khusunya Undang-Undang N0. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Lisensi Creative Commons memberikan kemudahan kepada pencipta untuk menyatakan sikap terhadap hasil karya yang dimilikinya. Lisensi CC meningkatkan tranparansi dan kepastian hukum bagi para pengguna ciptaan dan pemegang hak cipta. Dalam keberjalannya Creative Commons bekerja berdampingan dengan hukum hak cipta dan memberikan kesempatan kepada pencipta untuk memodifikasi haknya ke dalam keadaan yang paling sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya Dalam hal perlindungan hukum hak cipta terdapat 2 (dua) Upaya yang dapat dilakukan yaitu Upaya preventif dan Upaya represif.
Kata Kunci: Hak Cipta; Hak Siar; Lisensi Creative Commons

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hak Cipta; Hak Siar; Lisensi Creative Commons
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Users 201 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:58
Last Modified: 26 Aug 2024 03:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24964

Actions (login required)

View Item View Item