SEPTIANI, Dwi (2024) PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pelanggan Maybelline di Kota Semarang). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
![]() |
Text (Cover)
1._S___Cover___12010120140314.pdf - Published Version Download (417kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010120140314.pdf - Published Version Download (369kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010120140314.pdf - Published Version Download (444kB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010120140314.pdf - Published Version Download (458kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010120140314.pdf - Published Version Download (460kB) |
![]() |
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010120140314.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Maybelline merupakan produk kosmetik internasional yang banyak disukai
kalangan masyarakat. Hal tersebut terbukti dengan masuknya beberapa produk
Maybelline pada Top Brand Award Indonesia tahun 2023. Namun, berdasarkan data
yang diperoleh, penjualan produk pensil alis Maybelline pada tiga tahun terakhir
mengalami penurunan penjualan. Penurunan penjualan menunjukkan bahwa
pelanggan tidak lagi memilih untuk membeli produk Maybelline. Oleh karena itu,
penelitian ini menjelaskan bagaimana pelanggan memilih untuk membeli produk
Maybelline di tengah persaingan yang semakin ketat berdasarkan harga, promosi,
dan kualitas produk. Selain itu, terdapat inkonsistensi hasil penelitian terdahulu
pada hubungan promosi dan keputusan pembelian. Sehingga, fenomena dan
kesenjangan tersebut menjadi dasar dilakukannya penelitian ini dan memasukkan
variabel brand image sebagai variabel intervening di dalamnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan bahwa harga,
promosi, dan kualitas produk berpengaruh terhadap brand image serta brand image
berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pengambilan data dari penelitian ini
melibatkan 100 responden dengan kriteria utama telah dan berusia lebih dari 18
tahun, berdomisili di Kota Semarang, dan menggunakan produk Maybelline. Data
yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan Statistical Package for the
Social Sciences (SPSS) yang diestimasi dengan Path Analysis menggunakan IBM
SPSS versi 26.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa harga berpengaruh
positif dan signifikan terhadap brand image. Selain itu, promosi berpengaruh positif
dan signifikan terhadap brand image. Dalam penelitian ini juga ditemukan
pengaruh positif dan signifikan pada kualitas produk terhadap brand image.
Kemudian yang terakhir, brand image yang merupakan variabel intervening
berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen keputusan
pembelian. Oleh karena itu, semua hipotesis dalam penelitian ini diterima dan
penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pengembangan strategi pemasaran
produk Maybelline serta diharapkan menjadi sebuah literatur yang berharga bagi
kepentingan akademisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga, Promosi, Kualitas Produk, Brand Image, Keputusan Pembelian |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 07:38 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 07:38 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |