FABIAN, FARHAN MUHAMAD and Njatrijani, Rinitami and Irawati, Irawati (2024) ANALISIS PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN JASA EKSPEDISI FEDEX DALAM LALU LINTAS PENGANGKUTAN BARANG. _180 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
FARHAN MUHAMAD FABIAN_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
FARHAN MUHAMAD FABIAN_abstrak.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
FARHAN MUHAMAD FABIAN_bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
![]() |
Text
FARHAN MUHAMAD FABIAN_bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
![]() |
Text
FARHAN MUHAMAD FABIAN_bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
![]() |
Text
FARHAN MUHAMAD FABIAN_bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
![]() |
Text
FARHAN MUHAMAD FABIAN_dapus.pdf Download (126kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hambatan-hambatan pada setiap kegiatan pengiriman suatu barang di FedEx Express misalnya barang yang dikirim hilang, rusak ataupun keterlambatan sampainya barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
perlindungan hukum bagi konsumen dan tanggung jawab FedEx Express atas terjadinya permasalahan barang milik pengguna jasa. Dalam penulisan ini membahas tentang peristiwa yang terjadi dalam masyarakat terkait praktik perlindungan terhadap konsumen, terutama tanggung jawab ekspedisi FedEx terhadap pengguna jasa yang mengalami kerugian berupa kehilangan, kerusakan, dan keterlambatan barang. Untuk menjawab permasalahan dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian yuridis empiris, penelitian yuridis empiris dilakukan dengan cara mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta yang telah terjadi di dalam masyarakat. Metode pengumpulan data dalam penulisan ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh bahwasannya pengangkutan barang memiliki hubungan yang erat dengan perlindungan konsumen, karena melibatkan hak dan kewajiban konsumen serta tanggung jawab penyedia layanan untuk memberikan layanan yang aman dan memadai. Upaya perlindungan yang dilakukan oleh FedEx Express untuk mencegah permasalahan adalah memastikan keamanan barang melalui pelacakan (tracking) dan pengemasan yang tepat. Apabila permasalahan terjadi maka pelaksanaan ganti rugi dapat dilakukan secara daring di FedEx.com atau menghubungi layanan pelanggan. Tanggung jawab FedEx atas adanya permasalahan barang pengguna jasa ialah mengganti kerugian berdasarkan berat paket hingga jumlah maksimum, yaitu $100 perkiriman dan US$20.00 per kilogram. Apabila permasalahan belum mencapai kesepakatan kedua belah pihak antara konsumen dengan pelaku usaha maka dilakukan penyelesaian sengketa diluar pengadilan yaitu melakukan mediasi.
Kata Kunci : Perlindungan, konsumen, FedEx, kehilangan, kerusakan,
keterlambatan barang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan, konsumen, FedEx, kehilangan, kerusakan, keterlambatan barang |
Subjects: | Law |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law |
Depositing User: | Mr Perpus FH1 |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 04:05 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 04:05 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24941 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |