Aulia, Aina (2024) Analisis Daya Saing Ekspor Lada Indonesia di Pasar India. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Bagian 1 Skripsi_Aina Aulia_23020317140061.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
Bagian 2 Skripsi_Aina Aulia_23020317140061.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
Bagian 3 Skripsi_Aina Aulia_23020317140061.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
Bagian 4 Skripsi_Aina Aulia_23020317140061.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bagian 5 Skripsi_Aina Aulia_23020317140061.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bagian 6 Skripsi_Aina Aulia_23020317140061.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bagian 7 Skripsi_Aina Aulia_23020317140061.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) | Request a copy |
Abstract
Lada (Pepper nigrum L) merupakan tanaman rempah dengan kontribusi signifikan terhadap PDB dan cadangan devisa. Indonesia adalah produsen lada terbesar ketiga di dunia dan memiliki luas lahan lada terbesar di dunia. Indonesia memiliki peluang besar di pasar India yang permintaannya terus meningkat, dilihat dari volume impor yang terus meningkat. Nilai serta volume ekspor komoditas lada Indonesia ke India dari tahun ke tahun menunjukkan angka yang fluktuatif dan persaingan ketat dengan Vietnam, Sri Lanka, Brazil, dan UEA. Ketatnya persaingan menyebabkan pemerintahan, petani dan pengusaha ekspor lada Indonesia harus bekerjasama untuk meningkatkan daya saing lada di India. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keunggulan komparatif dan kompetitif ekspor komoditas lada Indonesia di pasar India. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2024 menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan Analisis Data Sekunder (ADS). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam bentuk deret waktu (time series) berupa data ekspor lada Indonesia ke pasar India periode 2013 – 2022 yang berasal dari ITC, BPS dan Kementan. Metode analisis data menggunakan analisis Revealed Comparative Advantages (RCA) untuk menganalisis keunggulan komparatif ekspor lada Indonesia di pasar India dan analisis Export Product Dinamics (EPD) untuk menganalisis keunggulan kompetitif ekspor lada Indonesia di pasar India. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa lada Indonesia memiliki keunggulan komparatif dengan nilai RCA sebesar 6,68. Lada Indonesia belum memiliki keunggulan kompetitif di pasar India, hasil analisis EPD menunjukkan Indonesia sering berada di posisi lost opportunity yang berarti Indonesia kehilangan kesempatan dalam menjangkau ekspor lada di pasar India.
Kata kunci : Daya saing, India, lada, RCA, EPD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Daya saing, India, lada, RCA, EPD |
Subjects: | Animal and Agricultural Sciences |
Divisions: | Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness |
Depositing User: | User Agribisnis |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 08:56 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 08:56 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24936 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |