Harahap, Fajar Siddik Alamsyah (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN MINYAK MENTAH KELAPA SAWIT DI PT JABAL PERKASA KECAMATAN TAMBUSAI, KABUPATEN ROKAN HULU, RIAU. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
SKRIPSI (BAG 1)_Fajar Siddik Alamsyah Harahap_23020317120029.pdf Download (866kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI (BAG 2)_Fajar Siddik Alamsyah Harahap_23020317120029.pdf Download (603kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI (BAG 3)_Fajar Siddik Alamsyah Harahap_23020317120029.pdf Download (542kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI (BAG 4)_Fajar Siddik Alamsyah Harahap_23020317120029.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) | Request a copy |
![]() |
Text
SKRIPSI (BAG 5)_Fajar Siddik Alamsyah Harahap_23020317120029.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) | Request a copy |
![]() |
Text
SKRIPSI (BAG 6)_Fajar Siddik Alamsyah Harahap_23020317120029.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) | Request a copy |
![]() |
Text
SKRIPSI (BAG 7)_Fajar Siddik Alamsyah Harahap_23020317120029.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kelapa sawit merupakan komoditas utama penyumbang devisa negara
terbesar di sektor pertanian. Provinsi Riau menjadi wilayah yang memiliki lahan
sawit terbesar di Indonesia. Tercatat dari 8.7 juta hektare luas wilayah Riau, 2,7 juta
hektare merupakan lahan sawit. PT. Jabal Perkasa merupakan salah satu perusahaan
minyak yang berada di Provinsi Riau. Kontribusi PT. Jabal Perkasa di sektor
perkebunan salah satunya adalah memproduksi minyak mentah, dalam proses
produksinya diperlukan strategi pemasaran yang baik agar mencapai hasil produksi
yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan
strategi pemasaran minyak mentah kelapa sawit di PT. Jabal Perkasa, Kabupaten
Rokan Hulu, Riau. Penelitian dilakukan pada bulan Januari sampai Februari 2024
di PT. Jabal Perkasa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada
penelitian ini adalah purposive sampel. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan
responden sebanyak 30 orang, pengumpulan data dilaksanakan dengan cara
melakukan sebaran kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan
uji validitas dan reliabilitas terhadap data dan dianalisis menggunakan teknik
SWOT dengan matriks IFAS dan EFAS. Hasil peneltiian ini adalah matriks IFAS
menunjukkan nilai 3,2 yang berarti dalam aktivitas usahanya perusahaan telah
merespon kekuatan yang ada dengan efektif dan mumpuni dalam pengendalian
kontrol kelemahan yang terjadi di lapangan. Matriks EFAS menunjukkan nilai 3,1
yang berarti perusahaan berhasil dalam merespon peluang yang ada dengan
menghindari ancaman yang akan terjadi. Koordinat Matriks SWOT berada pada
kuadran 1 dengan titik (1,4:1,3) yang berarti telah didapatkan strategi dari
pemasaran perusahaan dengan situasi yang sangat menguntungkan dari segi
peluang dan kekuatan untuk memanfaatkan kesempatan yang ada.
Kata kunci : Kelapa Sawit, Agribisnis, Riau, Hilir, Strategi Pemasaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kelapa Sawit, Agribisnis, Riau, Hilir, Strategi Pemasaran. |
Subjects: | Animal and Agricultural Sciences |
Divisions: | Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness |
Depositing User: | User Agribisnis |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 08:39 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 08:39 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24926 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |