Search for collections on Undip Repository

GAMBARAN PENGETAHUAN, PERSEPSI, SIKAP, DAN PRAKTIK MAHASISWA TENTANG OBESITAS DI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO

ODILIA, CLARISA (2024) GAMBARAN PENGETAHUAN, PERSEPSI, SIKAP, DAN PRAKTIK MAHASISWA TENTANG OBESITAS DI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO CLARISA.pdf - Published Version

Download (430kB)

Abstract

Obesitas dapat disebabkan akibat perilaku yang buruk seperti pola makan yang buruk dan kurangnya aktivitas fisik. Apabila dibiarkan, obesitas dapat berdampak pada psikologis, ekonomi, dan kesehatan seperti diabetes mellitus tipe 2. Di Indonesia, prevalensi obesitas usia >18 tahun mengalami peningkatan dari 13,5% tahun 2014 menjadi 21,8% tahun 2018 dan diperkirakan akan terus meningkat hingga 2025 sebesar 24,8%. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan perilaku yang dipengaruhi oleh pengetahuan, persepsi, sikap, dan praktik tentang obesitas. Penelitian menggunakan mixed methods dengan desain studi cross-sectional pada 100 orang mahasiswa aktif S1 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro angkatan 2020-2023 yang dapat berkomunikasi dengan baik dan bersedia menjdi responden. Data diperoleh melalui pengukuran tinggi badan, berat badan, pengisian kuesioner, dan wawancara terkait pengetahuan, persepsi, sikap, dan praktik tentang obesitas pada responden. Hasil analisis kuantitatif dan kualitatif diperoleh bahwa sebanyak 25% mengalami obesitas dengan perempuan lebih banyak daripada laki-laki dan 17% responden memiliki riwayat genetik obesitas. Penelitian ini juga menunjukkan pengetahuan baik (75%), persepsi positif (74,1%), sikap positif (70,8%), dan praktik yang baik (66,1%) lebih banyak pada responden yang tidak obesitas karena masih ditemukan perilaku berisiko pada responden yang mengalami obesitas.

Kata Kunci : obesitas, pengetahuan, persepsi, praktik, sikap

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:54
Last Modified: 10 Jul 2024 02:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24923

Actions (login required)

View Item View Item