Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Resiliensi dengan Stres Kerja pada Guru SLB di Semarang

Azzahra, Syaza Jihan and Desiningrum, Dinie Ratri (2024) Hubungan antara Resiliensi dengan Stres Kerja pada Guru SLB di Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img] Text
Syaza Jihan Azzahra_15000120130257_Abstract.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Syaza Jihan Azzahra_15000120130257_Bab 1.pdf

Download (171kB)

Abstract

Dilatarbelakangi oleh penelitian sebelumnya yang jarang menyoroti peran resiliensi dalam mengurangi stres kerja pada guru SLB, serta adanya temuan yang kontradiktif mengenai hubungan antara resiliensi dan stres kerja, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara resiliensi dan stres kerja pada guru SLB di Semarang. Sebanyak 79 subjek, terdiri dari 60 perempuan dan 19 laki-laki, dipilih dari lima instansi melalui cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang terdiri dari skala resiliensi (33 item, α = .896) dan skala stres kerja (34 item, α = .910). Analisis menggunakan uji Spearman’s rho menunjukkan adanya korelasi negatif signifikan antara kedua variabel dengan kekuatan korelasi yang kuat (r = -.63, p<.001), yang berarti semakin tinggi tingkat resiliensi, semakin rendah tingkat stres kerja, dan sebaliknya, semakin rendah tingkat resiliensi, semakin tinggi tingkat stres kerja. Penelitian ini juga menunjukkan mayoritas tingkat stres kerja pada guru SLB di Semarang termasuk kategori rendah dengan frekuensi 77.2%. Sementara itu, mayoritas tingkat resiliensi masuk kategori tinggi dengan frekuensi 82.3%. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan program peningkatan resiliensi untuk mengurangi stres kerja dan meningkatkan kesejahteraan guru SLB.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 01 Aug 2024 11:42
Last Modified: 01 Aug 2024 11:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24913

Actions (login required)

View Item View Item