Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN HUKUM PERDATA TERHADAP PRAKTIK SEWA-MENYEWA AKUN SHOPEEFOOD DRIVER DI SEMARANG (Studi Kasus Pada Grup Facebook Shopeefood Driver Sedulur Semarang). _85 PERDATA 2024

YAKIN, NURUL HUDA NGAINUL and Badriyah, Siti Malikhatun and Priyono, Ery Agus (2024) TINJAUAN HUKUM PERDATA TERHADAP PRAKTIK SEWA-MENYEWA AKUN SHOPEEFOOD DRIVER DI SEMARANG (Studi Kasus Pada Grup Facebook Shopeefood Driver Sedulur Semarang). _85 PERDATA 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Nurul Huda Ngainul Yakin_cover.pdf

Download (551kB)
[img] Text
Nurul Huda Ngainul Yakin_abstrak.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Nurul Huda Ngainul Yakin_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
Nurul Huda Ngainul Yakin_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
Nurul Huda Ngainul Yakin_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
Nurul Huda Ngainul Yakin_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
Nurul Huda Ngainul Yakin_dapus.pdf

Download (253kB)

Abstract

Shopeeefood Driver merupakan sebuah aplikasi pengantar makanan dan barang yang diciptakan oleh Perusahaan Shopee. Aplikasi ini sering disalahgunakan oleh orang-orang untuk disewa-sewakan mauapun dijual-belikan. Di Kota Semarang, Praktik sewa-menyewa akun Shopeefood Driver terjadi melalui grup facebook Shopeefood Driver Sedulur Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui legalitas perjanjian sewa-menyewa akun shopeefood driver dan akibat hukum adanya perjanjian sewa-menyewa akun shopeefood driver. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah pendekatan penelitian non-doktrinal, yang dispesifikan lagi pada penelitian yuridis empiris. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara kepada para driver shopeefood. Hasil penelitian skripsi ini adalah legalitas dari perjanjian sewa-menyewa akun shopeefood adalah tidak sah (ilegal). Hal tersebut karena perjanjian sewa-menyewa akun telah melanggar asas dan syarat sah hukum perjanjian. Kemudian akibat hukum dari adanya sewa-menyewa akun shopeefood driver ini adalah perjanjian tersebut dinyatakan batal demi hukum karena telah melanggar syarat objektif perjanjian. Mitra pengemudi shopeefood yang melanggar juga akan dibekukan akunnya oleh pihak Perusahaan Shopee.
Kata Kunci: Perjanjian, Sewa-Menyewa, Akun Shopeefood Driver

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perjanjian, Sewa-Menyewa, Akun Shopeefood Driver
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:57
Last Modified: 09 Jul 2024 06:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24910

Actions (login required)

View Item View Item