Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN TENTANG KEWENANGAN MAHKAMAH AGUNG DALAM PEMERIKSAAN KASASI PERKARA PIDANA PADA SISTEM PERADILAN INDONESIA. _59 ACARA 2024

MAYENDRA, MUHAMMAD CAHYE and Sukinta, Sukinta and Utama, Kartika Widya (2024) TINJAUAN TENTANG KEWENANGAN MAHKAMAH AGUNG DALAM PEMERIKSAAN KASASI PERKARA PIDANA PADA SISTEM PERADILAN INDONESIA. _59 ACARA 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
MUHAMMAD CAHYE MAYENDRA_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MUHAMMAD CAHYE MAYENDRA_abstrak.pdf

Download (91kB)
[img] Text
MUHAMMAD CAHYE MAYENDRA_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
MUHAMMAD CAHYE MAYENDRA_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
MUHAMMAD CAHYE MAYENDRA_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
MUHAMMAD CAHYE MAYENDRA_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
MUHAMMAD CAHYE MAYENDRA_dapus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)

Abstract

Mahkamah Agung merupakan salah satu dari pelaksana kekuasaan kehakiman. Kekuasaan kehakiman yang dilaksanakan Mahkamah Agung merupakan kekuasaan kehakiman yang Merdeka, artinya bebas dari intervensi dari Lembaga tinggi lainnya. Mahkamah Agung dalam menjalankan kekuasaan kehakiman memiliki wewenang untuk memeriksa dan memutus perkara kasasi dan beberapa wewenang lainnya yang diatur dalam undang-undang. Mahkamah dalam memeriksa dan memutus perkara kasasi berperan sebagai judex juris artinya hakim yang melakukan pemeriksaan terhadap pengadilan sebelumnya dan memastikan apakah ada pelanggaran yang terjadi karena adanya kekeliruan dalam menerapakan hukum. Permasalahaan dalam penelitian ini adalah kewenangan yang dimiliki Mahkamah Agung dalam sistem peradilan di Indonesia dan pelaksanaan kewenangan Mahkamah Agung dalam memeriksa perkara kasasi terhadap Putusan Pegadilan Tinggi Surabaya Nomor: 672/Pid.Sus/2018/PT,Sby. Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah doktrinal (normatif), atau bisa disebut dengan penelitian kepustakaan. Spesifikasi penelitian ini adalah deskriptif analitis. Hasil penelitian ini adalah Mahkamah Agung memiliki kewenangan untuk memutus permohonan kasasi, sengketa kewenangan mengadili, permohonan peninjauan Kembali, uji materiil, memberikan nasehat, dan melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan peradilan di semua lingkungan peradilan yang berada dibawahnya. Dalam melaksanakan kewenangannya yaitu memeriksa dan memutus perkara kasasi terhadap putusan Pengadilan Tinggi Surabaya Nomor : 672/Pid.Sus/2018/PT.Sby, Mahakamah Agung menemukan adanya kesalahan penerapan hukum sehingga perlu membatalkan putusan sembelumnnya dan mengadili sendiri perkara tersebut.
Kata Kunci: Mahkamah Agung, Kasasi, kekuasaan kehakiman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mahkamah Agung, Kasasi, kekuasaan kehakiman
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:52
Last Modified: 09 Jul 2024 06:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24905

Actions (login required)

View Item View Item