Search for collections on Undip Repository

INOVASI PELAYANAN INFORMASI PARIWISATA UNTUK MENDUKUNG PARIWISATA KOTA SEMARANG (STUDI PENELITIAN APLIKASI WIS SEMAR TAHUN 2020)

Hilmi, Emma Maulida (2024) INOVASI PELAYANAN INFORMASI PARIWISATA UNTUK MENDUKUNG PARIWISATA KOTA SEMARANG (STUDI PENELITIAN APLIKASI WIS SEMAR TAHUN 2020). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover Emma.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (559kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (462kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (383kB)
[img] Text
Lampiran 1 dan 2.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)

Abstract

ABSTRAK
Aplikasi Wis Semar merupakan salah satu terobosan yang dibuat oleh Pemerintah
Kota Semarang bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik,
dan Persandian Kota Semarang adalah membentuk sebuah aplikasi yang berbasis
online yang diharapkan dapat membatu promosi wisata di Kota Semarang
sekaligus sebagai pemandu wisatawan di Kota Semarang. Aplikasi Wis Semar
mulai diinisasi pada tahun 2015 dan dirilis pada tahun 2016. Pemerintah Kota
Semarang bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian
Kota Semarang sebagai lembaga yang berperan dan bertanggungjawab terhadap
pariwisata di Kota Semarang meluncurkan sebuah aplikasi yang diberi nama Wis
Semar (Wisata Semarang) sekaligus sebagai upaya peningkatan e-govermance. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan inovasi aplikasi Wis Semar dan
pelaksanaan inovasi aplikasi Wis Semar oleh Dinas Komunikasi, Informatika,
Statistik, dan Persandian Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan teori
inovasi oleh Everet M. Rogers yang menjelaskan bahwa inovasi memiliki lima
karakteristik, yaitu kemanfaatan, kesesuaian, kompleksitas, diuji coba, dan
pengamatan. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
sejak tahun 2017 aplikasi Wis Semar mengalami kendala sehingga tidak berjalan
dan dikelola secara optimal dikarenakan aplikasi Wis Semar pada tujaun awalnya
akan dikelola bersama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang
tetapi hingga penelitian ini dilakukan belum ada koordinasi dari dinas terkait
mengenai pengelolaan aplikasi Wis Semar. Oleh karena itu masih banyak
masyarakat yang tidak mengetahui aplikasi Wis Semar, dikarenakan juga
kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi, Informatika,
Statistik, dan Persandian Kota Semarang. Penelitian ini menyarankan agar mulai
dijalinnya koordinasi dan komunikasi antara Dinas Komunikasi, Informatika,
Statistik, dan Persandian Kota Semarang dengan Dinas Kebudayaan dan
Pariwisata Kota Semarang dalam mengelola inovasi yang digunakan untuk
meningkatkan pariwisata Kota Semarang, seperti inovasi aplikasi Wis Semar
sebagai salah satu upaya inovasi untuk meingkatkan daya tarik pariwisata Kota
Semarang.
Kata Kunci : Inovasi, Wis Semar, pariwisata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:06
Last Modified: 08 Jul 2024 06:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24883

Actions (login required)

View Item View Item