Search for collections on Undip Repository

Perlindungan Pengguna Jasa Antar Jemput Melalui Media Sosial Bagi Mahasiswa Di Kota Semarang_179 dg 2024

Mardiansyah, Entori and Njatrijani, Rinitami and Aminah, Aminah (2024) Perlindungan Pengguna Jasa Antar Jemput Melalui Media Sosial Bagi Mahasiswa Di Kota Semarang_179 dg 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Entori Mardiansyah_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Entori Mardiansyah_abstrak.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Entori Mardiansyah_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Entori Mardiansyah_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Entori Mardiansyah_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Entori Mardiansyah_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
Entori Mardiansyah_dapus.pdf

Download (725kB)

Abstract

Transportasi jasa online yang ramai digunakan oleh sebagian mahasiswa di kota Semarang dikenal dengan istilah antar jemput khususnya melalui media sosial, termasuk dalam transaksi elektronik yang memerlukan perlindungan hukum sebagaimana diatur dalam UUPK. Terdapat dua pokok masalah, yaitu bagaimana keabsahan perjanjian jasa antar jemput dan bagaimana perlindungan hukum pengguna jasa antar jemput melalui media sosial bagi mahasiswa di kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris yang kemudian hasil penelitian di lapangan diolah dengan deskriptif-analitis. Penelitian ini dilakukan di kota Semarang dengan menetapkan responden yang akan diberikan kuesioner dan menyebarkan di sosial media seperti Whatsapp, Twitter, Instagram, dan Telegram, kemudian memilih responden yang pernah melakukan transaksi jasa antar jemput.
Hasil penelitian menunjukkan pengaturan mengenai keabsahan perjanjian diatur dalam Pasal 1320 KUHPerdata dengan empat syarat sah perjanjian yaitu: kesepakatan para pihak, kecakapan untuk membuat suatu perikatan, suatu hal tertentu, suatu sebab yang halal, perjanjian transaksi jasa antar jemput ini juga memiliki kekuatan hukum tetap sesuai dalam asas kebebasan berkontrak 1338 KUHPerdata dan asas itikad baik saat pra perjanjian sedangkan perlindungan hukum dapat dilakukan secara preventif dan represif berupa upaya hukum secara litigasi yaitu jalur pengadilan dan non litigasi secara damai seperti: negosiasi, mediasi, konsiliasi atau tuntutan ganti rugi melalui BPSK. Perjanjian transaksi jasa antar jemput sah secara hukum dan UUPK memberikan perlindungan terhadap pengguna jasa.
Kata Kunci: Perlindungan Pengguna jasa, Keabsahan Perjanjian, Jasa Antar Jemput.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: fahimah FH
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:49
Last Modified: 08 Jul 2024 02:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24870

Actions (login required)

View Item View Item