Search for collections on Undip Repository

Hubungan Kualitas Pelayanan Dokter Gigi Muda Rumah Sakit Nasional Diponegoro Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Eksodonsia

Asyifa, Nabilla Deffa Miftha and Prihatiningsih, Tyas and Chairani, Elissa (2024) Hubungan Kualitas Pelayanan Dokter Gigi Muda Rumah Sakit Nasional Diponegoro Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Eksodonsia. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (NABILLA DEFFA MIFTHA ASYIFA-22010220120002-KTI-ABSTRAK)
NABILLA DEFFA MIFTHA ASYIFA-22010220120002-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (95kB)

Abstract

Tujuan: Menganalisis hubungan kualitas pelayanan dokter gigi muda Rumah Sakit Nasional Diponegoro terhadap kepuasan pasien eksodonsia tahun 2023-2024. Metode: Studi ini menggunakan desain cross-sectional dengan pendekatan kuantitatif dan melibatkan 80 pasien eksodonsia yang dilakukan perawatan oleh dokter gigi muda Rumah Sakit Nasional Diponegoro yang dipilih dengan purposive sampling. Data primer pada penelitian ini didapatkan dari kuesioner kepuasan pasien eksodonsia terhadap kualitas pelayanan dokter gigi muda Rumah Sakit Nasional Diponegoro. Data dianalisis dengan menggunakan analisis univariat dan bivariat yaitu analisis korelasi rho Spearman dengan p-value <0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan dokter gigi muda pada kelima dimensi sangat baik dan pasien eksodonsia merasa sangat puas. Hasil uji hipotesis bivariat rho Spearman dengan p-value <0,05 menunjukkan bahwa p = 0.000 pada keempat dimensi kualitas pelayanan dan kepuasan pasien dan p = 0.013 pada dimensi kehandalan (reliability) dengan koefisien korelasi rho Spearman pada keempat dimensi pelayanan dan kepuasan pasien pada rentang 0.26 – 0.50 yang memiliki hubungan positif sedang, serta dimensi empati (emphaty) = 0.535 yang memiliki hubungan positif kuat. Kesimpulan: Terdapat hubungan positif antara kualitas pelayanan dokter gigi muda Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) terhadap tingkat kepuasan pasien eksodonsia, dimana semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan maka semakin tinggi kepuasan pasien eksodonsia.

Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pasien, eksodonsia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pasien, eksodonsia
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:34
Last Modified: 08 Jul 2024 02:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24865

Actions (login required)

View Item View Item