Search for collections on Undip Repository

PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE DECISION PADA KONSUMEN PEACOCKOFFIE KOTA SEMARANG

Salsabila, Shafa (2024) PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE DECISION PADA KONSUMEN PEACOCKOFFIE KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (568kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (576kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)

Abstract

Peacockoffie merupakan salah satu coffee shop yang sudah lama berdiri di
Kota Semarang sejak tahun 2016. Terdapat permasalahan yang ada di
Peacockoffie yaitu data penjualan yang tiap tahun mengalami penurunan, banyak
ulasan negatif oleh konsumen Peacockoffie yang menyebabkan rating
Peacockoffie menurun. Adanya permasalahan tersebut, maka penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan brand image terhadap
purchase decision konsumen Peacockoffie di Kota Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian
eksplanatori, meneliti konsumen Peacockoffie di Kota Semarang dengan 97
responden menggunakan teknik nonprobability sampling. Pengumpulan data
primer didapat melalui kuesioner dengan menggunakan skala Likert, serta data
sekunder melalui website, jurnal, penelitian terdahulu, studi kepustakaan. Data
tersebut lalu diolah melalui tahap editing, coding, scoring, dan tabulating.
Analisis dilakukan dengan menggunakan metode PLS (Partial Least Square)
melalui perangkat lunak SmartPLS 3.3.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
store atmosphere dan brand image berpengaruh positif terhadap purchase
decision. Hal ini menunjukkan jika semakin nyaman store atmosphere dan
semakin baik brand image pada Peacockoffie, akan semakin tinggi juga
keputusan pembelian pada Peacockoffie di Kota Semarang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa store atmosphere dan brand image
berpengaruh positif terhadap purchase decision, yang artinya dengan memperkuat
store atmosphere dan brand image dapat meningkatkan purchase decision
konsumen pada Peacockoffie Kota Semarang. Penelitian ini menyarakankan
perlunya melakukan penambahan lampu yang terang dan logo yang besar agar
fasad toko terlihat jelas. selain itu Peacockoffie perlu membersihkan ruangan
secara berkala sehari 3kali dan memberikan layanan keluhan pada konsumen yang
merasakan pengalaman buruk pada saat berkunjung ke Peacockoffie.
Kata kunci : Store Atmosphere, Brand Image, Purchase Decision

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:10
Last Modified: 04 Jul 2024 06:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24788

Actions (login required)

View Item View Item