Search for collections on Undip Repository

GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN RIWAYAT PENDERITA FIBROADENOMA MAMMAE TERHADAP PRAKTIK SADARI PADA MAHASISWI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO

PUSPAWARDAYA, DYAH PRAMESTI (2024) GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN RIWAYAT PENDERITA FIBROADENOMA MAMMAE TERHADAP PRAKTIK SADARI PADA MAHASISWI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO DYAH.pdf - Published Version

Download (250kB)

Abstract

Fibroadenoma Mammae adalah tumor jinak yang berada dalam jaringan payudara, dan biasanya terjadi pada wanita di bawah usia 30 tahun. Meskipun fibroadenoma mammae tidak berbahaya, namun keberadaannya perlu dideteksi sedini mungkin. Salah satu teknik deteksi dini adalah SADARI (pemeriksaan payudara sendiri). Praktik SADARI ini sangatlah penting diterapkan pada mahasiswi untuk mendeteksi adanya fibroadenoma mammae pada dirinya sendiri, sekaligus dapat memberikan informasi berkelanjutan kepada keluarga, teman, dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan, sikap, dan riwayat penderita fibroadenoma mammae terhadap praktik SADARI pada mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif observasional dan desain cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro tahun 2020-2022, dengan total sebanyak 931 mahasiswi. Sampel yang digunakan sebanyak 97 mahasiswi dengan metode simple random sampling. Intrumen penelitian berupa kuesioner online melalui link google form dan dianalisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 90,9% responden memiliki praktik SADARI yang baik. Perolehan tabulasi silang menunjukkan bahwa responden dengan tingkat pengetahuan kurang (94,9%) memiliki status praktik SADARI tergolong baik. Responden dengan sikap kurang baik (100%) memiliki status praktik SADARI yang baik. Responden dengan riwayat FAM (93,6%) mrmiliki status praktik SADARI yang baik.

Kata kunci : fibroadenoma mammae, praktik SADARI, pengetahuan, sikap

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 04 Jul 2024 01:35
Last Modified: 04 Jul 2024 01:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24762

Actions (login required)

View Item View Item