Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PERUBAHAN MASSA LEMAK TUBUH TERHADAP PERUBAHAN KADAR GLUKOSA DARAH PADA IBU HAMIL DI SEMARANG

Asali, Cicilia and DARMONO, DARMONO and Murbawani, Etisa Adi and Fasitasari, Minidian and Sukmadianti, Amalia and Probosari, Enny and Silma, Benita (2024) PENGARUH PERUBAHAN MASSA LEMAK TUBUH TERHADAP PERUBAHAN KADAR GLUKOSA DARAH PADA IBU HAMIL DI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-TESIS)
CICILIA ASALI-22041820320009-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (105kB)

Abstract

Latar belakang: Perubahan kadar glukosa darah pada ibu hamil trimester 2 ditentukan oleh berbagai faktor diantaranya adalah massa lemak tubuh. Peningkatan kadar glukosa darah pada ibu hamil dapat berdampak pada glukosa darah ibu dan anak di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi pengaruh perubahan massa lemak tubuh terhadap kadar glukosa darah pada ibu hamil di Semarang.
Metode penelitian: Penelitian potong lintang ibu hamil trimester 1 yang kontrol di Puskesmas Gayamsari, Puskesmas Tlogosari Kulon, Puskesmas Tlogosari Wetan, dan Puskesmas Pagendan pada bulan Agustus – Desember 2023. Data komposisi tubuh diambil menggunakan alat bioelectrical impendance analyzer pada trimester 1 dan 2. Data glukosa darah diukur dengan Auto Chemistry Analyzer CS-T180.
Hasil penelitian: Sebanyak 55 subjek memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Terdapat perbedaan glukosa darah, berat badan, massa lemak, massa otot, dan indeks massa tubuh pada trimester 1 dan 2 (p < 0,05). Terdapat hubungan peningkatan massa otot terhadap perubahan glukosa darah pada trimester 1 dan 2 (p < 0,001; r = .017). Tidak terdapat hubungan antara perubahan massa lemak, indeks massa tubuh, dan status paritas.
Simpulan: Perubahan lemak tubuh tidak mempengaruhi perubahan kadar glukosa darah ibu hamil pada trimester 1 dan 2 di Semarang.
Kata kunci: Glukosa darah, massa lemak, ibu hamil, Semarang

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Glukosa darah, massa lemak, ibu hamil, Semarang
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 04 Jul 2024 01:34
Last Modified: 04 Jul 2024 01:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24751

Actions (login required)

View Item View Item