YUSWARDHIE, TAMARA AURELIA (2024) STRATEGI DIPLOMASI KOMERSIAL THAILAND UNTUK MENINGKATKAN PARIWISATA DI ERA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Cover tamara .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (592kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf - Submitted Version Download (461kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf - Submitted Version Download (174kB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf - Submitted Version Download (118kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (177kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
Abstract
Tahun 2020 merupakan tahun kejutan yang buruk bagi industri pariwisata,
yakni munculnya virus Covid-19. Dengan diberlakukannya diplomasi komersial
Thailand telah meningkatkan kunjungan wisatawannya secara bertahap sejak awal
pembukaan di tahun 2021 yang berdampak positif bagi pemasukan ekonomi negara
Thailand. Lantas mengapa Thailand melaksanakan strategi diplomasi komersial di
era pandemi Covid-19?
Tujuan penelitian untuk memahami apa yang menjadi dasar rasional atas
penetapan diplomasi komersial oleh Thailand, perlu adanya pengkajian menyeluruh
mengenai ruang lingkup dan dampak dari strategi tersebut.
Dalam rangka mengkaji secara komprehensif strategi diplomasi komersial
Thailand, penelitian ini menggunakan konsep cost-benefit analysis untuk
memahami dan mengidentifikasi dasar rasional diplomasi komersial oleh Thailand.
Hasil analisis menunjukan bahwa Thailand melalui kebijakan diplomasi
komersial, bertujuan untuk memulihkan kembali perekonomian setelah terjadinya
disrupsi ekonomi nasional ketika pandemi Covid-19 berlangsung. Dalam rangka
mencapai tujuan tersebut, terdapat biaya dan manfaat yang diperoleh Thailand baik
secara tangible maupun intangible. Manfaat yang didapat Thailand adalah adanya
peningkatan PDB sejak tahun 2020 dan peningkatan jumlah turis internasional yang
merepresentasikan kepercayaan publik.
Disarankan bahwa pendekatan cost and benefit analysis (CBA) perlu menjadi
pedoman bagi pembentuk kebijakan, akademisi dan praktisi dalam melakukan
pengkajian terhadap dampak pandemi terhadap perekonomian nasional.
Kata Kunci: Pariwisata, Covid-19, Diplomasi Komersial, Organisasi Internasional,
Thailand
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 07:59 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 08:20 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24749 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |