Search for collections on Undip Repository

PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN PADA OUTLET INDOMARET BANJARSARI RAYA KOTA SEMARANG

Pradipta, Prasya Narendra (2024) PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN PADA OUTLET INDOMARET BANJARSARI RAYA KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (536kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (459kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (185kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, ritel minimarket telah menjadi salah satu sektor
yang sangat kompetitif di Indonesia. Setiap tahun, jumlah gerai minimarket terus
meningkat. Indomaret dan Alfamart merupakan dua perusahaan yang mendominasi
pasar minimarket di Indonesia, dengan mencakup 92% dari total gerai minimarket.
Selama 5 tahun terakhir, keberhasilan pemasaran Indomaret masih tertinggal
dibanding Alfamart. Begitu pula dengan outlet Indomaret Banjarsari Raya di Kota
Semarang yang selama 4 tahun terakhir belum bisa mencapai target penjualan.
Dalam survey pendahuluan penelitian konsumen merasa bahwa store atmosphere
dan service quality dari Indomaret Banjarsari Raya masih belum baik
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan service
quality terhadap minat beli ulang konsumen pada outlet Indomaret Banjarsari Raya
yang berada di Kota Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dan
sampel diambil menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan
accidental sampling dan purposive sampling. Pengumpulan data diperoleh dengan
menyebar kuesioner kepada sampel penelitian sebanyak 100 responden yang
merupakan konsumen Indomaret Banjarsari Raya. Analisis data penelitian
menggunakan analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji
koefisien determinasi, analisis regresi linear sederhana, analisis regresi linear
berganda, uji t, dan uji F dengan menggunakan alat bantu IBM Statistical Product
and Service Solutions (SPSS) Statistics version 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan
antara store atmosphere dan service quality secara parsial dan simultan terhadap
minat beli ulang. Dalam konteks pengujian simultan, pengaruh dari service quality
terbukti lebih dominan memengaruhi minat beli ulang dibanding store atmosphere.
Berdasarkan hasil tersebut, PT. Indomarco Prismatama dan pengelola (franchisee)
Indomaret Banjarsari Raya disarankan untuk meningkatkan store atmosphere dan
service quality untuk meningkatkan minat beli ulang konsumen dengan lebih
mengutamakan peningkatan service quality.
Kata Kunci : store atmosphere, service quality, minat beli ulang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:24
Last Modified: 03 Jul 2024 07:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24740

Actions (login required)

View Item View Item