Search for collections on Undip Repository

PENGARUH E-TRUST DAN E-SATISFACTION TERHADAP E-LOYALTY PADA BUKALAPAK DI KOTA SEMARANG

Kinasih, Narulita Putri (2024) PENGARUH E-TRUST DAN E-SATISFACTION TERHADAP E-LOYALTY PADA BUKALAPAK DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (494kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (307kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bukalapak merupakan salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia, namun
dalam perkembangannya aplikasi Bukalapak bersaing dengan e-commerce lainnya.
Berdasarkan tahun 2020-2022 beberapa pengaduan konsumen masuk melalui
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia. Selain itu banyak review negatif yang
diberikan oleh pengguna Bukalapak di Google Play. Faktor yang diduga
memengaruhi e-loyalty ialah e-trust dan e-satisfaction Bukalapak. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-trust dan e-satisfaction terhadap e-loyalty
aplikasi Bukalapak di Kota Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory
research. Sampel yang digunakan sejumah 100 responden dengan memanfaatkan
teknik nonprobability sampling dalam pengambilan sampel. Analisis yang
dilakukan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik,
koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana dan berganda,
signifikansi uji t dan uji F dengan bantuan program IBM SPSS versi 26. Hasil
penelitian ini menunjukkan variabel e-trust dan e-satisfaction memiliki pengaruh
terhadap e-loyalty aplikasi Bukalapak. Berdasarkan hasil tersebut, Bukalapak
disarankan lebih mengarahkan pengguna membayar melalui e-wallet daripada kartu
kredit, memberikan penawaran-penawaran menarik pada pengguna, serta lebih
memperkenalkan layanan lainnya yang dimiliki.
Kata kunci: E-trust, E-satisfaction, E-loyalty

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 03 Jul 2024 04:24
Last Modified: 03 Jul 2024 04:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24718

Actions (login required)

View Item View Item