Nurfitriani, Dhesti (2024) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN JAMBU KRISTAL DI LAPAK BUAH DESA WONOROTO KECAMATAN NGOMBOL KABUPATEN PURWOREJO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Bagian 1.pdf Download (958kB) |
![]() |
Text
Bagian 2.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
Bagian 3.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
Bagian 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bagian 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bagian 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bagian 7.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kepuasan konsumen merupakan perasaan senang seorang konsumen terhadap suatu produk karena sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian dilaksanakan pada Desember 2023-Januari 2024 di Lapak Buah Desa Wonoroto, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode survei. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu accidental sampling dengan kriteria responden konsumen yang membeli jambu kristal di Lapak Buah Desa Wonoroto, bersedia diwawancari dan berusia 17 tahun ke atas. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan responden menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI), dan analisis regresi logistik. Hasil perhitungan IPA diketahui kuadran I terdapat 1 perbaikan indikator yaitu tampilan produk tanpa bercak kecoklatan; kuadran II terdapat 11 indikator yang harus dipertahankan yaitu rasa produk manis, ukuran produk beragam, produk bersih, produk segar, harga terjangkau, terampil dalam pelayanan, pelayanan cepat, terampil menyiapkan pesanan, komunikasi baik, ramah, dan sopan; kuadran III terdapat 8 indikator prioritas rendah yaitu produk berbentuk bulat, berwarna hijau muda, harga sesuai dengan kualitasnya, harga yang lebih murah, harga dapat ditawar, penampilan menarik, display produk rapi, dan menerima kritik dan saran; dan kuadran IV terdapat 2 indikator berlebihan yaitu tidak mudah busuk dan area parkir cukup luas. Perhitungan CSI didapatkan nilai 84% menunjukkan konsumen sangat puas. Hasil perhitungan regresi logistik menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen secara simultan yaitu kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan. Sedangkan secara parsial dipengaruhi oleh kualitas produk dan kualitas pelayanan.
Kata Kunci: Analisis regresi logistik, CSI, IPA, Jambu Kristal, Kepuasan konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis regresi logistik, CSI, IPA, Jambu Kristal, Kepuasan konsumen |
Subjects: | Animal and Agricultural Sciences |
Divisions: | Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness |
Depositing User: | User Agribisnis |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 08:59 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 08:59 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24697 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |