DESTRININGTYAS, Nadia (2024) PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN DAN KECEPATAN INOVASI TERHADAP E-LOYALTY DENGAN NILAI LAYANAN DAN KEUNGGULAN POSISI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Shopee di Kota Semarang. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
![]() |
Text (Cover)
1._S___Cover___12010120140188.pdf - Published Version Download (235kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010120140188.pdf - Published Version Download (207kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010120140188.pdf - Published Version Download (208kB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010120140188.pdf - Published Version Download (256kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010120140188.pdf - Published Version Download (342kB) |
![]() |
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010120140188.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
E-commerce merupakan kemajuan yang mulai berkembang pesat dan
banyak diminati oleh masyarakat dalam berbelanja baik dalam negeri maupun luar
negeri. Di Indonesia pertumbuhan e-commerce sangat pesat menjadikan pusat
utama bagi masyarakat untuk berbelanja online. Salah satunya yaitu Shopee yang
digunakan dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini yaitu berfokus pada pengaruh
E-Loyalty terhadap Kepuasan Pelanggan, Nilai Layanan yang diberikan oleh
Shopee, pengaruh Kecepatan Inovasi serta Keunggulan Posisi pada pengguna
Shopee di Semarang.
Penelitian ini mengembangkan kerangka penelitian berdasarkan teori
Service DominantLlogic (SDL) dari penelitian sebelumnya. Kerangka penelitian ini
digunakan untuk menganalisis hubungan antara E-Loyalty, Kepuasan Pelanggan,
Nilai Layanan, Kecepatan Inovasi, Keunggulan Posisi. eknik pengambilan sampel
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik convenience sampling. Proses
pengumpulan data melibatkan 110 responden dengan informasi pribadi. Berusia 17
hingga lebih dari 46 tahun, responden minimal menggunakan/berbelanja dalam satu
tahun terakhir di Sopee. Selanjutnya, datatersebut dianalisis secara kuantitatif dan
struktural menggunakan Modeling Equation of Structural (SEM), yang dibantu
oleh program Analysis Moment of Structural (AMOS 24).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Loyalty memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan yang didapatkan dari pelayanan dari
Shopee, Nilai Layanan, Kecepatan Inovasi yang memberi peningkatanmulai dari
fitur dan sebagainya, Keunggulan Posisi dimana Shopee memiliki peringkat teratas
menjadikan pelanggan semakin loyal. Oleh karena itu, setiap hipotesis yang
dibahas dalam penelitian ini diakui. Diharapkan bahwa temuan penelitian tentang
implikasi manajemennya akan membantu Shopee untuk terus meningkatkan
aplikasi dan pelayanan yang terbaik untuk konsumen di masa yang akan datang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Commerce, E-Loyalty, Kecepatan Inovasi, Kepuasan Pelanggan, Keunggulan Posisi, Nilai Layanan. |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 07:48 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 07:48 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24658 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |