Search for collections on Undip Repository

ANALISIS GAP PELAYANAN PERIZINAN DI MAL PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN SEMARANG

Istian, An Nafia Nurbaliza (2024) ANALISIS GAP PELAYANAN PERIZINAN DI MAL PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER .pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf - Submitted Version

Download (275kB)
[img] Text
BAB 2 .pdf - Submitted Version

Download (336kB)
[img] Text
BAB 3 .pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB 4 .pdf - Submitted Version

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Submitted Version

Download (11kB)

Abstract

Pelayanan publik yang diberikan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan
Terpadu Satu Pintu Kabupaten Semarang dapat memenuhi kebutuhan
masyarakatnya, sehingga perlu adanya kualitas pelayanan yang baik dan maksimal,
karena kualitas merupakan sebuah bentuk totalitas dari karakteristik suatu produk
atau jasa yang menunjang kemampuan dalam memenuhi kebutuhan. Meskipun
dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, masih ditemukannya kesenjangan antara
apa yang sudah disediakan dalam pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan
Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Semarang dengan apa yang diterima oleh
masyarakat. Penelitian ini akan dilakukan dengan metode penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil temuan gap pelayanan yang terjadi
pada pelayanan perizinan tersebut menunjukkan bahwa kualitas pelayanan
perizinan di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Semarang belum sepenuhnya masuk
dalam kategori baik. Hal tersebut dikarenakan terdapat 4 gap pelayanan yang
ditemukan oleh peneliti setelah melakukan wawancara kepada pihak-pihak
penyedia layanan perizinan dan masyarakat pengguna layanan perizinan.Untuk
mengatasi berbagai kesenjangan yang terjadi pada pelayanan perizinan di Mal
Pelayanan Publik Kabupaten Semarang, penting bagi pemerintah pelayanan
perizinan lebih memahami perspektif dan harapan masyarakat, serta melakukan
upaya untuk meningkatkan komunikasi, transparansi, dan responsivitas dalam
pelayanan.
Kata Kunci: Gap, Pelayanan, Komunikasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:37
Last Modified: 02 Jul 2024 06:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24650

Actions (login required)

View Item View Item