Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP ACTUAL SYSTEM USE MELALUI INTENTION TO PURCHASE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA TOKOPEDIA DI KOTA SEMARANG

Valentia, Earlene Monica (2024) PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP ACTUAL SYSTEM USE MELALUI INTENTION TO PURCHASE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA TOKOPEDIA DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (346kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tokopedia merupakan perusahaan E-Commerce asal Indonesia yang terus berusaha
meningkatkan kemudahan pengoperasian sistem dan manfaat layanan agar
penggunanya merasa nyaman saat berbelanja online. Namun, pada kuartal III tahun
2023 Tokopedia mengalami jumlah penurunan transaksi. Jika tidak diperhitungkan
maka perusahaan akan mengalami kerugian dan mengancam eksistensinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived ease of use dan
perceived usefulness terhadap actual system use melalui intention to purchase
sebagai variabel intervening.
Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research menggunakan
teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Sampel yang digunakan dalam
penelitian berjumlah 100 orang dengan teknik nonprobability sampling. Kriteria
sampel penelitian ialah responden yang berdomisili tetap atau sementara di Kota
Semarang, pernah menggunakan Tokopedia untuk melakukan pembelian kelompok
produk gadget dan elektronik minimal 2 kali dalam kurun waktu 1 tahun terakhir,
dan berusia 15-44 tahun. Pengolahan data dilakukan dengan software SmartPLS
3.2.9 menggunakan outer model dan inner model.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use dan perceived
usefulness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap actual system use,
baik secara langsung maupun tidak langsung dengan melalui intention to purchase.
Hubungan intention to purchase sebagai variabel intervening adalah partial
mediation bagi kedua variabel independen. Saran yang dapat diberikan bagi PT
Tokopedia, yaitu memasifkan edukasi mengenai cara penggunaan fitur dan
mengoptimalkan fungsinya, memberikan kebijakan kepada mitra terkait jaminan
terhadap kualitas produk, serta menarik lebih banyak penjual agar memungkinkan
lebih banyak variasi produk.
Kata kunci: Technology Acceptance Model, Perceived Ease of Use, Perceived
Usefulness, Intention to Purchase, Actual System Use.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:17
Last Modified: 02 Jul 2024 06:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24647

Actions (login required)

View Item View Item