Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KESETARAAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANJARNEGARA (Studi Kasus: Program Nganter Anak Paud Dapat Lulus Ijazah SMA “Ternak Panda Lima”)

Sari, Maunatul Mazida (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KESETARAAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BANJARNEGARA (Studi Kasus: Program Nganter Anak Paud Dapat Lulus Ijazah SMA “Ternak Panda Lima”). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER (6).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
BAB 1 (5).pdf - Submitted Version

Download (259kB)
[img] Text
BAB 2 (5).pdf - Submitted Version

Download (268kB)
[img] Text
BAB 3 (5).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
BAB 4 (5).pdf - Submitted Version

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (7).pdf - Submitted Version

Download (129kB)
[img] Text
LAMPIRAN (6).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan
pendidikan kesetaraan di Kabupaten Banjarnegara melalui program "Ternak Panda
Lima," yang merupakan akronim dari "Nganter Anak PAUD Dapat Lulus Ijazah
SMA." Program ini bertujuan mengatasi tingginya angka putus sekolah dan
meningkatkan rata-rata lama sekolah (RLS) serta Indeks Pembangunan Manusia
(IPM) di Banjarnegara. Teori implementasi kebijakan yang digunakan dalam
penelitian ini mencakup analisis efektivitas implementasi kebijakan menurut Riant
Nugroho, yang menilai keberhasilan kebijakan berdasarkan aspek-aspek seperti
tepat kebijakan, tepat pelaksanaan, tepat target, tepat lingkungan, dan tepat proses.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan
studi kasus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program "Ternak Panda
Lima" kurang efektif. Dari kelima aspek penilaian, ditemukan tiga aspek yang
efektif yaitu tepat target, tepat lingkungan, dan tepat proses. Sedangkan kedua aspek
lainnya belum efektif. Aspek tepat kebijakan belum efektif karena belum adanya
peraturan derah yang mengatur program tersebut khususnya terkait penuntasan
wajib belajar 12 tahun. Selain itu, dengan tidak adanya peraturan spesifik
berdampak pada ketiadaan landasan target dan waktu. Selain itu, dari segi
pembelajaran, tidak adanya feedback dari peserta kepada pihak penyelenggara
menyebabkan penilaian materi atau skil yang diberikan berhasil dan sesuai
keterbutuhan peserta atau tidak, tidak dapat dipantau. Sedangakan untuk aspek tepat
pelaksanaan belum efektif terkait dengan sumber daya baik sarana prasarana,
anggaran, dan ketersediaan tutor di tahun pertama program berjalan yang masih
terbatas.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan
implementasi program "Ternak Panda Lima" sangat dipengaruhi oleh kompetensi
pelaksana kebijakan, kerjasama antar pemangku kepentingan, serta pemahaman
pelaksana mengenai kebijakan. Rekomendasi untuk perbaikan meliputi
peningkatan sumber daya manusia, penyediaan fasilitas yang memadai, dan
pembuatan peraturan kebijakan sebagai payung hukum dan pedoman spesifik
pelaksanaan program Ternak Panda Lima ini.
Kata kunci: Implementasi kebijakan, pendidikan kesetaraan, Banjarnegara, Ternak
Panda Lima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 02 Jul 2024 05:51
Last Modified: 02 Jul 2024 05:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24644

Actions (login required)

View Item View Item