Search for collections on Undip Repository

PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA TOKOPEDIA DI KOTA SEMARANG

Fevilla, Ananda Citra Lida (2024) PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA TOKOPEDIA DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (367kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (173kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini, kemudahan dan kepraktisan transaksi yang didukung oleh
pesatnya perkembangan teknologi digital, merubah pola perilaku manusia. Adanya
kemudahan dan kepraktisan yang disediakan oleh marketplace dalam bertransaksi
online mendorong konsumen untuk melakukan impulsive buying yang ditunjang
oleh strategi pemasar. Tokopedia merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan
platform jual-beli online yang berdiri pada 17 Agustus 2009. Berdasarkan data yang
ditemukan penulis, konsumen Tokopedia seringkali mengeluhkan permasalahannya
ketika menggunakan aplikasi mobile Tokopedia. Hal tersebut dapat mempengaruhi
perilaku impulsive buying. Untuk meningkatkan perilaku impulsive buying,
konsumen memperhatikan beberapa aspek, antara lain e-service quality dan sales
promotion. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan pengaruh eservice quality dan sales promotion dalam meningkatkan impulsive buying pada
konsumen Tokopedia di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian
asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai
data primer. Populasi pada penelitian ini, yaitu pengguna Tokopedia di Kota
Semarang dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang
digunakan pada penelitian ini, yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien
korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear sederhana, uji regresi linear
berganda, uji t, dan uji F. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh dan signifikan antara e-service quality dan sales promotion terhadap
impulsive buying baik secara parsial maupun secara simultan. Berdasarkan hasil
tersebut, pengelola perlu memperhatikan efektivitas fitur pencarian di aplikasi
mobile Tokopedia, pengelola juga perlu mempertimbangkan kembali mengenai
ketersediaan produk bundling, dan mengevaluasi tampilan produk pada aplikasi
mobile Tokopedia.
Kata kunci: E-service quality, sales promotion, impulsive buying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 02 Jul 2024 04:28
Last Modified: 02 Jul 2024 04:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24635

Actions (login required)

View Item View Item