Agung, Lindung Nirwaseta and Saptono, Hendro and Njatrijani, Rinitami (2024) Batas Tanggung Jawab Perusahaan Bank Atas Tindakan Kecurangan Pegawai yang Mengakibatkan Kerugian Secara Materiil Pada Nasabah_145 DAGANG 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Lindung Nirwaseta Agung_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Lindung Nirwaseta Agung_abstrak.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
Lindung Nirwaseta Agung_bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Lindung Nirwaseta Agung_bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Lindung Nirwaseta Agung_bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Lindung Nirwaseta Agung_bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
![]() |
Text
Lindung Nirwaseta Agung_dapus.pdf Download (573kB) |
Abstract
Bank sebagai lembaga keuangan memiliki peranan penting dalam aktivitas perekonomian, khususnya dalam peningkatan output dan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Dalam menjalankan proseduralnya, kepegawaian bank harus memenuhi aspek penting dalam bertanggung jawab, professional, jujur, dan dapat menerima resiko guna memenuhi target pencapaian. Pelaksanaan fungsi intermediasi oleh bank dalam menerima nasabah selaku debitor harus dipenuhi perlindungan atas hak-haknya. Dimana dalam pemenuhan hak debitor, negara menjamin seluruh aktivitas transaksi melalui Undang – Undang Nomor 8 tahun 1999 guna melindungi adanya aktivitas-aktivitas yang tidak diinginkan dari pihak manapun. Pasalnya, di Indonesia seringkali terjadi kasus kecurangan yang dilakukan oleh pegawai bank terhadap nasabahnya. Kecurangan inilah, yang dikemudian hari dapat memberikan kerugian baik kepada nasabah maupun bank itu sendiri. Persoalan yang kemudian timbul dikemudian hari ialah diperlukannya pertanggungjawaban atas tindakan kecurangan yang dilakukan oleh pegawai bank yang merugikan debitor.
Fokus kajian dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui bentuk kerugian materiil yang dialami nasabah bank dan bentuk tanggung jawab apa yang harus diberikan bank terhadap nasabah. Melalui metode penelitian yuridis-normatif, penulisan ini ditelaah berdasarkan ketentuan yang tertuang dalam Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen guna menjawab permasalahan hukum tersebut. Hasil dari penelitian ini ialah : (1) Perbankan memberikan edukasi serta pengarahan maksimal kepada pegawai bank dan melakukan penegakan sanksi secara tegas sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang perbankan dalam menindaktegas pegawai bank yang melakukan kecurangan. (2) Perbankan memiliki peranan penting dalam melindungi hak dan kewajiban nasabah terhadap segala bentuk kecurangan dengan menyediakan layanan bagi nasabah untuk melaporkan segala bentuk kerugian yang dialami olehnya sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh Arsitektur Perbankan Indonesia (API).
Kata Kunci : Lembaga Perbankan, Kecurangan Pegawai, Perlindungan Nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembaga Perbankan, Kecurangan Pegawai, Perlindungan Nasabah. |
Subjects: | Law |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law |
Depositing User: | fahimah FH |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 03:31 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 03:31 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |