Search for collections on Undip Repository

Kualitas Hidup Pasien Geriatri Penderita Hipertensi dengan Komorbid Diabetes Melitus dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi (Studi di Rumah Sakit Daerah K.R.M.T Wongsonegoro Semarang)

Fitriana, Vania and Dianingati, Ragil Setia and Annisaa', Eva (2024) Kualitas Hidup Pasien Geriatri Penderita Hipertensi dengan Komorbid Diabetes Melitus dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi (Studi di Rumah Sakit Daerah K.R.M.T Wongsonegoro Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak Lepas_Vania Fitriana)
Abstrak Lepas_Vania Fitriana.pdf

Download (146kB)

Abstract

Lansia rentan mengalami penyakit degeneratif seperti hipertensi. Hipertensi disertai komorbid adalah salah satu penyebab kematian nomor satu di dunia. Salah satu komorbid hipertensi adalah DM. Hipertensi dengan komorbid dapat menimbulkan gejala serius. Lansia rentan mengalami penurunan fungsi fisik yang dapat menurunkan kemandirian lansia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut mempengaruhi kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik pasien, kemandirian aktivitas sehari-hari, peresepan polifarmasi, kualitas hidup, serta hubungan antara karakteristik, kemandirian aktivitas sehari-hari, dan jumlah obat yang dikonsumsi dengan kualitas hidup pasien geriatri penderita hipertensi dengan komorbid DM di Rumah Sakit Daerah K.R.M.T Wongsonegoro Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner WHOQOL-BREF dan Indeks Katz. Kuesioner diberikan langsung kepada pasien. Dari 75 responden, mayoritas berjenis kelamin perempuan (61,3%), memiliki IMT normal (53,3%), berpendidikan rendah dan sedang (70,7%), berstatus menikah (54,7%), memiliki kemandirian tinggi (93,3%), dan menerima resep polifarmasi (89,3%). Terdapat hubungan antara jenis kelamin, IMT, status pernikahan, dan kemandirian aktivitas sehari-hari dengan kualitas hidup. Namun, tidak terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dan jumlah obat yang dikonsumsi dengan kualitas hidup. Faktor yang paling berpengaruh terhadap kualitas hidup yaitu kemandirian aktivitas sehari-hari.
Kata kunci: Diabetes melitus, hipertensi, kualitas hidup hipertensi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Diabetes melitus, hipertensi, kualitas hidup hipertensi
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 04 Jul 2024 01:36
Last Modified: 04 Jul 2024 01:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24600

Actions (login required)

View Item View Item