Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM KARTU JAKARTA PINTAR (KJP) PLUS DI SMP NEGERI 227 JAKARTA SELATAN

Mufti, Dewanda (2024) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM KARTU JAKARTA PINTAR (KJP) PLUS DI SMP NEGERI 227 JAKARTA SELATAN. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (600kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (591kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (349kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan pondasi penting dalam menunjang keberlangsungan
pembangunan di suatu negara. Hal ini dikarenakan penyelenggaraan pendidikan
yang bermutu dan merata dapat menghasilkan sumber daya manusia yang
berkualitas pula. DKI Jakarta sebagai daerah otonom memiliki wewenang untuk
mengelola penyelenggaraan pendidikan daerahnya, termasuk dalam hal
pemerataan pendidikan. Mengingat angka kemiskinan dan angka putus sekolah di
DKI Jakarta yang cukup tinggi, Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk
menjamin setiap warganya mendapatkan kesempatan dalam mengakses
pendidikan terlebih anak dari keluarga kurang mampu yang memiliki keterbatasan
biaya. Program Kartu Jakarta Pintar hadir untuk membantu masyarakat kurang
mampu untuk bisa menuntaskan pendidikan hingga tamat SMA/SMK Sederajat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan
program Kartu Jakarta Pintar di SMP Negeri 227 Jakarta Selatan. Penelitian
dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode
pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis dalam
penelitian ini menggunakan teori efektivitas oleh Campbell J. P yang terdiri dari 3
(tiga) indikator, yaitu keberhasilan program, keberhasilan sasaran program, dan
kepuasan terhadap program. Pada indikator keberhasilan program, terdapat 3
(aspek) yang dilihat, yaitu pencapaian tujuan program, sosialisasi program, dan
pemantauan program.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program KJP Plus di SMP
Negeri 227 Jakarta Selatan sudah berjalan cukup efektif dalam indikator
keberhasilan program dan kepuasan terhadap program. Dalam aspek pencapaian
tujuan, SMP Negeri 227 Jakarta Selatan sudah hampir mencapai tujuan program
KJP Plus secara keseluruhan dan mendukung terselenggaranya wajib belajar 12
tahun. Sosialisasi dan pemantauan juga telah dilakukan dengan baik dan
maksimal. Kepuasan dari penerima KJP Plus di SMP Negeri 227 dikarenakan
program KJP Plus dapat memenuhi kebutuhan penerimanya, baik kebutuhan
pendidikan maupun pangan anak. Kelengkapan fasilitas penunjang kebutuhan
yang dekat dan kemudahan akses juga berpengaruh terhadap kepuasan penerima
KJP Plus di SMP Negeri 227 Jakarta Selatan karena tidak semua sekolah dekat
dengan fasilitas dan akses tersebut. Akan tetapi, pada indikator keberhasilan
sasaran belum bisa dikatakan efektif dikarenakan masih terdapat sasaran program
yang tergolong mampu. Sasaran program menjadi hal yang harus lebih
diperhatikan pemerintah dan diperlukan peninjauan ulang terhadap
pelaksanaannya agar manfaat program dapat diterima secara maksimal oleh
sasaran program, yaitu masyarakat kurang mampu.
Kata Kunci: Efektivitas, Pendidikan, Program Kartu Jakarta Pintar (KJP)
Plus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 01 Jul 2024 10:06
Last Modified: 01 Jul 2024 10:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24588

Actions (login required)

View Item View Item