Search for collections on Undip Repository

PENGARUH FAKTOR ASPASIAL DAN SPASIAL TERHADAP PERILAKU KESELAMATAN BERKENDARA PADA KURIR SEPEDA MOTOR DI KECAMATAN BEKASI TIMUR KOTA BEKASI

Gaol, Eni Theresia Lumban (2024) PENGARUH FAKTOR ASPASIAL DAN SPASIAL TERHADAP PERILAKU KESELAMATAN BERKENDARA PADA KURIR SEPEDA MOTOR DI KECAMATAN BEKASI TIMUR KOTA BEKASI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO; FAKULTAS TEKNIK.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak Eni.pdf

Download (11kB)

Abstract

Berkembangnya platform digital telah mendorong perubahan penggunaan ruang danperilaku manusia sebagai penggunanya, termasuk pola pergerakan masyarakat. Salah satudampaknya adalah munculnya substitusi perjalanan dalam hal pemenuhan kebutuhan hidupsehari-hari. Substitusi perjalanan ini terjadi pada aktivitas untuk berbelanja yang telah difasilitasioleh perdagangan digital dan layanan pengiriman akhir. Perubahan perilaku konsumsimasyarakat yang cenderung beralih ke belanja secara daring menimbulkan bangkitan lalu lintasterutama dalam peningkatan kebutuhan layanan logistik yaitu jumlah permintaan terhadappengiriman barang. Kurir sepeda motor sebagai pekerja gig seringkali dihadapkan denganrealitas kurangnya kesejahteraan yang dirasakan dalam hubungan kemitraan. Jam kerja danberkendara yang panjang, kurangnya istirahat, dan tekanan untuk memenuhi target dalamaktivitas harian membuat kurir bekerja secara berlebihan yang dapat menyebabkan kurirmengalami kelelahan. Hal ini mendorong adanya peningkatan kerentanan pada aspekkeselamatan kurir dalam proses pengiriman barang ke konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Engineering
Engineering > Urban and Regional Planning
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Depositing User: nurohmi pwk
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:56
Last Modified: 01 Jul 2024 07:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24572

Actions (login required)

View Item View Item