Search for collections on Undip Repository

PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA HYPERMART PARAGON CITY MALL DI KOTA SEMARANG MELALUI TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Roosyida, Anggi Salmaa (2024) PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA HYPERMART PARAGON CITY MALL DI KOTA SEMARANG MELALUI TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (831kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (222kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version

Download (526kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)

Abstract

Perubahan sosial budaya belanja pada masyarakat di zaman sekarang yang sebelumnya melakukan belanja di pasar tradisional, kini perlahan lahan mulai beralih ke pasar swalayan atau supermarket. Supermarket yang mempunyai fasilitas lebih bersih dan rapi menjadi alasan sebagian besar masyarakat memilih belanja di supermarket. Hypermart merupakan salah satu toko ritel yang ada di Semarang. Letak dari toko ritel ini berada di Paragon Mall. Hypermart Paragon Mall mengalami penurunan penjualan pada tahun 2023 dan presentase TBI pada 2023 yang mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Supermarket perlu menciptakan store atmosphere yang membuat konsumennya nyaman untuk berbelanja dan adanya experiential marketing yang baik di benak konsumen setelah berbelanja. Hal ini berhubungan dengan trust yang dibangun oleh konsumen. Jika store atmosphere dan experiential marketing yang baik maka akan menciptakan trust. Dengan telah adanya trust di benak konsumen maka akan memicu konsumen untuk melakukan Repurchase intention dapat dilakukan dengan merekomendasi produk ke orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan experiential marketing terhadap repurchase intention melalui trust sebagai variabel mediasi pada Hypermart Paragon City Mall di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian explanatory research.. Populasi yang digunakan adalah konsumen dari Hypermart Paragon City Mall dengan sampel berjumlah 135 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Analisis data menggunakan SmartPLS 4.0 dimana dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, R-Square, dan analisis jalur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa store atmosphere berpengaruh terhadap trust, experiential marketing berpengaruh terhadap trust, store atmosphere berpengaruh terhadap repurchase intention, experiential marketing berpengaruh terhadap repurchase intention, trust berpengaruh terhadap repurchase intention, trust memediasi pengaruh store atmosphere terhadap repurchase intention, dan trust memediasi pengaruh experiential marketing terhadap repurchase intention.
Berdasarkan hasil penelitian ini, Hypermart Paragon City Mall disarankan untuk melakukan kontrolling secara berkala dengan penataan rak display produk – produknya, peningkatkan kualitas pelayanan pada SPG, dan selalu check kualitas produk yang tersedia.

Kata kunci : Store atmosphere, Experiential marketing, Repurchase intention, Trust

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:39
Last Modified: 01 Jul 2024 03:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24532

Actions (login required)

View Item View Item