Search for collections on Undip Repository

KEDUDUKAN KNOW-HOW DALAM HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL DI INDONESIA. _135 DG 2024

LUBIS, AUBREY DARA NAFIZA and Santoso, Budi and Mahmudah, Siti (2024) KEDUDUKAN KNOW-HOW DALAM HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL DI INDONESIA. _135 DG 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Aubrey Dara Nafiza Lubis_cover.pdf

Download (589kB)
[img] Text
Aubrey Dara Nafiza Lubis_abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Aubrey Dara Nafiza Lubis_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
Aubrey Dara Nafiza Lubis_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
Aubrey Dara Nafiza Lubis_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
Aubrey Dara Nafiza Lubis_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
Aubrey Dara Nafiza Lubis_dapus.pdf

Download (175kB)

Abstract

Globalisasi dan perdagangan internasional memainkan peranan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan status suatu negara di pasar global. Perkembangan globalisasi dan perdagangan internasional sangatlah krusial bagi dunia usaha dalam bersaing untuk meningkatkan pelayanannya kepada konsumen sehingga perkembangan akan melindungi hak kekayaan intelektual menjadi isu kompleks yang mempengaruhi pasar global. Salah satu bentuk hak kekayaan intelektual yang memiliki aspek penting dalam perdagangan adalah know-how. Know-how merupakan informasi rahasia yang dapat membantu dunia usaha dalam memberikan keunggulan kompetitif bagi pemiliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami kerangka hukum yang spesifik dan komprehensif yang secara tegas mengatur mengenai kedudukan know-how baik di tingkat internasional maupun nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis-normatif dengan spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analitis yang mengkaji data sekunder dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier untuk melakukan analisis secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik dan nilai kegunaan know-how baik secara internasional maupun nasional memiliki kesamaan dengan rahasia dagang. Di Amerika Serikat, perlindungan terhadap know-how didasarkan pada undang-undang rahasia dagang. Pentingnya nilai know-how di Uni Eropa diuraikan dalam Directive (EU) 2016/943, sedangkan di Indonesia, kedudukan know-how dalam hak kekayaan intelektual tunduk pada Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang.
Kata Kunci: Hak Kekayaan Intelektual, Rahasia Dagang, Know-How.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hak Kekayaan Intelektual, Rahasia Dagang, Know-How
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:03
Last Modified: 08 Jul 2024 08:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24506

Actions (login required)

View Item View Item