Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI EKSTRAK DAUN KELOR (Moringa Oleifera) DAN METFORMIN TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGIS HEPAR TIKUS WISTAR (Rattus norvegicus) YANG DIINDUKSI STREPTOZOTOCIN

Kaku, Citra and MUNDHOFIR, FARMADITYA EKA PUTRA (2024) PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI EKSTRAK DAUN KELOR (Moringa Oleifera) DAN METFORMIN TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGIS HEPAR TIKUS WISTAR (Rattus norvegicus) YANG DIINDUKSI STREPTOZOTOCIN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (CITRA MELISSA KAKU-22010119140194-KTI-ABSTRAK)
CITRA MELISSA KAKU-22010119140194-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (22kB)

Abstract

Latar belakang : Diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit kronis yang sangat cepat perkembangannya, yang ditandai dengan hiperglikemia dan berhubungan dengan gangguan metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Penggunaan terapeutik M. oleifera ini telah dievaluasi pada DM karena khasiatnya untuk menurunkan konsentrasi glukosa darah setelah dikonsumsi karena mengandung polifenol seperti quercetin-3glikosida, dan kaempferol.
Tujuan : Membuktikan adanya pengaruh pemberian kombinasi ekstrak M. oleifera dan Metformin terhadap gambaran histopatologi hepar pada tikus wistar (Rattus Norvegicus) yang mengalami DM.
Metode : Penelitian ini merupakan jenis eksperimental deham rancangan post-test only group design. Sampel berjumlah 30 ekor yang dibagi menjadi kelompok kontrol positif K(+) yang hanya diberi pakan dan minum standar, kelompok kontrol negatif K(-) diberi pakan dan minum standar serta diinduksi STZ 45 mg/kgBB secara intraperitoneal, kelompok percobaan P1, P2, P3 diberi pakan minum standar dan diinduksi STZ 45 mg/kgBB serta ekstrak M. oleifera 75, 150, 300 mg/kgBB dan Metformin 150 mg selama 14 hari. Parameter histologi yang dinilai yaitu kerusakan hepatosit dan derajat inflamasi.
Hasil : Derajat inflamasi tertinggi didapatkan pada kelompok K(+). Penurunan persentase kerusakan hepatosit dan derajat inflamasi yang signifikan pada kelompok perlakuan 300 mg/kgBB.
Simpulan : Pemberian ekstrak M. Oleifera dosis bertingkat dapat memberikan penurunan persentase kerusakan hepatosit dan derajat inflamasi hepar tikus wistar diabetes mellitus dengan kelompok kontrol.

Kata kunci : Diabetes mellitus, ekstrak daun kelor, metformin, histologi, hepar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:37
Last Modified: 02 Jul 2024 06:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24485

Actions (login required)

View Item View Item