Search for collections on Undip Repository

TRANSFORMASI DIGITAL PADA PENGELOLAAN DESA WISATA SEMBUNGAN, KECAMATAN KEJAJAR, KABUPATEN WONOSOBO

Murti, Afina Perdana (2024) TRANSFORMASI DIGITAL PADA PENGELOLAAN DESA WISATA SEMBUNGAN, KECAMATAN KEJAJAR, KABUPATEN WONOSOBO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO; FAKULTAS TEKNIK.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak Afina.pdf

Download (11kB)

Abstract

Era disrupsi teknologi membawa perubahan pada aspek kehidupan dan tatananmasyarakat, termasuk pola pikir, aktivitas serta pengambilan keputusan masyarakat yangdipengaruhi oleh pemanfaatan teknologi digital. Era disrupsi turut mempengaruhi sektorperekonomian melalui perubahan pasar dan perilaku konsumen yang kemudian mendorong pelakuekonomi untuk melakukan perubahan baik struktural maupun operasional yang disertai olehpengembangan strategi yang bertujuan untuk mengimbangi dampak dari era disrupsi tersebut,
dengan langkah yang diambil disebut sebagai transformasi digital. Sektor pariwisata yangkompetitif juga mengharuskan para pelaku wisata untuk menjalankan proses transformasi digitalguna meningkatkan daya saingnya. Saat ini, pendekatan melalui adopsi teknologi digital banyakdidorong bagi para pelaku wisata, terutama desa wisata, dalam rangka pengembangan pariwisataagar pemerintah dapat meningkatkan keunggulan wilayahnya guna berkontribusi terhadappertumbuhan ekonomi wilayah. Dalam hal ini, pengembangan pariwisata berbasis desa wisata yangumum diselenggarakan oleh komunitas masyarakat desa menghadapi situasi krusial yangmendorong para kelompok tersebut untuk beradaptasi melalui proses transformasi digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Engineering
Engineering > Urban and Regional Planning
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Depositing User: nurohmi pwk
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:55
Last Modified: 28 Jun 2024 08:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24451

Actions (login required)

View Item View Item