Wiguna, Ilham Raihan (2024) HUBUNGAN TERPAAN IKLAN PADA AKUN INSTAGRAM @BUKALAPAK DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI BUKALAPAK. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (553kB) |
![]() |
Text
BAB 2 .pdf - Submitted Version Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Download (369kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (570kB) |
Abstract
Bukalapak merupakan salah satu marketplace lokal terkemuka di Indonesia yang
telah membantu jutaan penjual dan pembeli dalam beraktivitas belanja online. Bukalapak aktif
melakukan kegiatan komunikasi pemasaran melalui iklan di media sosial Instagram dengan
tujuan menarik target konsumen dan mendorong keputusan pembelian. Selain itu, ulasan
pelanggan online (online customer review atau OCR) di Bukalapak menjadi informasi penting
bagi calon konsumen yang akan melakukan pembelian. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimana hubungan antara terpaan iklan di akun Instagram @bukalapak dan OCR
dengan keputusan pembelian online di Bukalapak. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatori.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara terpaan iklan pada akun
Instagram @bukalapak dan online customer review dengan keputusan pembelian online di
Bukalapak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strong advertising theory dan
Teori Lingkungan Pembeli Informasi. Sampel penelitian berjumlah 100 responden berusia 16-
64 tahun yang pernah terkena terpaan iklan dari akun Instagram @bukalapak dan pernah
mengetahui OCR di Bukalapak selama periode Maret - April 2024. Teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan metode nonprobability sampling, dan analisis data menggunakan uji
Kendall's Tau B.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara terpaan iklan
pada akun Instagram @bukalapak dengan keputusan pembelian online di Bukalapak, dengan
nilai signifikansi 0,000. Selain itu, hubungan antara OCR dengan keputusan pembelian online
di Bukalapak juga signifikan dengan nilai signifikansi 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah baik terpaan iklan pada akun Instagram @bukalapak maupun OCR memiliki hubungan
dengan keputusan pembelian online di Bukalapak. Saran untuk Bukalapak adalah terus
mengoptimalkan strategi iklan di Instagram dengan konten menarik seperti promo diskon,
potongan ongkir, flash sale, dan bazar barang murah. Selain itu, penting bagi Bukalapak untuk
mengevaluasi penjual dan mengedukasi mereka tentang peningkatan kualitas pelayanan dan
produk untuk mengurangi risiko berbelanja online dan meningkatkan ulasan positif.
Kata Kunci: Terpaan Iklan Instagram, Online Customer Review, Keputusan Pembelian
Online
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 08:17 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 08:17 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24436 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |